15 Mahasiswa Ubhara Laksanakan Pengabdian Masyarakat dengan KKN Tematik

  • Whatsapp
banner 468x60

Lamongan, LiraNews — Sejumlah mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya (UBHARA SURYA) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Canggah Kabupaten Lamongan.

Kegiatan KKN Tematik UBHARA Tahun 2020 kelompok 7, di Desa Canggah Kabupaten Lamongan, dipimpin oleh Ramadhannia Rahayu Santo mahasiswa Fakultas Hukum dan diikuti oleh 15 Mahasiswa lainnya dari Fakultas Ekonomi, Teknik dan Sospol.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ibu Juli Nurani, SH., MH memberikan Pendampingan berupa bimbingan pengelompokan bidang fisik dan non fisik. Kegiatan non fisik, yaitu bidang ekonomi kreatif, bidang edukasi/pendidikan dan sosial. Sedangkan bidang fisik meliputi pembangunan/rehab sekolah dll.

Kegiatan Bidang ekonomi kreatif meliputi pembuatan nugget mujair yang diberi brand “NUJAIR” dan edukasi tentang pemasaran (marketing) untuk Ibu-ibu PKK yang dipimpin oleh Siti Jaenab dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika selaku Koordinatir bidang ekonomi kreatif.

Bidang sosial meliputi Penyuluhan dan Edukasi tentang hidup sehat, penggolongan sampah organik dan non organik di SDN Canggah yang dipimpin oleh Aries Hadi Wijaya dari Fakultas Teknik jurusan Teknik Elektro selaku Koordinator bidang sosial.

Menurut Juli Nurani, Tujuan diadakannya edukasi tersebut adalah untuk memberikan wawasan dengan pengembangan cakrawala tentang hidup sehat yang harus diterapkan mulai sejak dini dan juga pengetahuan tentang bagaimana cara menggolongkan sampah organik dan non organik agar lingkungan disekitar tetap terjaga kebersihannya dan tidak menimbulkan penyakit. Ujar Dosen yang juga berprofesi sebagai Advokat ini.

Untuk kegiatan Bidang pendidikan meliputi budaya literasi, yaitu seluruh mahasiswa/i Kelompok 7 menerapkan pentingnya budaya membaca di usia dini kepada seluruh siswa/i SDN Canggah guna untuk membangun generasi bangsa yang cerdas dan mandiri.

Selain mengajarkan tentang pentingnya membaca, kelompok 7 juga memperbaiki administrasi perpustakaan SDN Canggah seperti pembuatan buku besar dan pembuatan buku pinjam yang dipimpin oleh Siska Puspitasari mahasiswi Fakultas Hukum selaku Koordinator bidang pendidikan.

SedangkanUntuk kegiatan fisik dipimpin oleh Bagas Septyawan dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil selaku Koordinator Lapangan 1 (Koorlap 1) dengan tugas meliputi perbaikan SDN Canggah.
kegiatan Ekonomi Kreatif untuk Ibu ibu dan Karang Taruna, serta Penyuluhan dan Edukasi tentang Pencegahan Narkoba diusia dini.

Program edukasi pencegahan bahaya Narkoba dipimpin oleh Shenia mahasiswi Fakultas Hukum, dengan tugas memberikan edukasi secara bahasa yg mudah dimengerti oleh anak usia sekolah dasar agar mereka mudah memahami bahwa betapa Bahayanya Narkoba bagi kehidupan masa depan anak, kegiatan ini merupakan bagian Progres yang disiapkan oleh team, sebagia kegiatan non fisik. LN-JN

banner 300x250

Related posts

banner 468x60