19 Anggota Dewan Terpapar Covid-19, Gedung Nusantara 1 Disemprot dan Ditutup Hari ini

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menyatakan, ada 41 orang di lingkungan Kompleks Parlemen yang positif Covid-19 terhitung sejak bulan April hingga pekan pertama Oktober 2020.

“Iya untuk staf jadi yang disebut 41 ini bukan di periode bulan ini saja, sebenarnya ini mulai April sampai dengan bulan minggu pertama Oktober 2020,” kata Indra kepada para wartawan, Senin (12/10/2020).

Read More

banner 300250

Indra mengatakan, sebenarnya angka itu adalah angka yang resmi dilaporkan baik oleh unit unit komisi, fraksi, maupun unit-unit kerja di lingkungan Setjen DPR RI.

“Seperti yang saya sampaikan ada juga anggota yang menyampaikan kepada kami tapi tidak ingin itu disampaikam dalam laporan, itu kami menghargai karena menyangkut privasi anggota,” ujarnya.

Mengenai anggota DPR RI yang terpapar Covid-19, Indra mengaku tidak dapat menyebutkan secara rinci jumlahnya.

“Kemarin dikatakan ada 18 orang anggota yang terpapar, tetapi angka sebenarnya bertambah tapi saya tidak boleh sampaikan. Kemarin hari Sabtu juga ada yang menyampaikan, ada anggota dewan yang kembali positif, tapi ini tetap privasi. Beliau hanya menyampaikan beliau dan keluarganya positif begitu saja,” ungkapnya.

Indra mengungkapkan, angka yang diterima Setjen DPR RI hanya 19 orang, namun jumlah anggota DPR RI yang terpapar Covid-19 dipastikan melebihi angka tersebut.

“Yang menyampaikan begitu tapi yang tidak menyampaikan ada beberapa yang tidak mau didata. Jadi betul per hari ini ada 19 orang,” tegasnya.

Penyemprotan Gedung DPR RI

sementara itu, Indra mengungkapkan, hari ini pihaknya mulai melakukan sterilisasi ruang ruang kerja, komisi, alat kelengkapan dewan (AKD), dan akan terus steril sampai ruang kerja dewan sampai lantai 24.

“Ada 575 ruangan, ada 18 ruang AKD, fraksi, dan sampai di Gedung Nusantara (gedung kura-kura).

Indra menuturkan, dijadwalkan hari ini sampai dengan besok (13/10/2020), penyemprotan akan oleh 20 petugas penyemprot dibagi dalam 3 tim.

“Seperti teman-teman wartawan ketahui, memang hari ini sudah terjadi pengetatan untuk setiap lalu lalang, mohon maaf kalau temen-temen media tadi masuk ke sini sulit karena memang itu sudah protapnya siapapun untuk masuk ke sini harus ada izin dan ada kepentingan tertentu,” tukas Indra.

Selebihnya, lanjut Indra, hari ini setelah disemprot semua ruang ruang kerja dewan dan AKD hari ini akan ditutup untuk disterilkan.

“Secara reguler kita semprot setiap hari senin setiap minggunya sampai nanti dengan masa sidang yang akan datang. Jadi itu rencana kami, tentu kami juga memenuhi persyaratan dari ketentuan yang ditetapkam oleh PSBB Pemprov DKI,” paparnya.

Indra menyebut, di dalam lingkungan Kompleks Parlemen, Senayan ada beberapa zonasi.

Hal tersebut, lanjut Indra, menjadi alasan mengapa penyemprotan disinfektan dimulai dari Gedung Nusantara 1 dan Gedung Nusantara 2.

“Zonasi Nusantara 1 ini adalah tempat ruang-ruang kerja anggota dewan juga ada ruang ruang rapat seperti Komisi 10, Komisi 6, 7, 11, dan Baleg. Kemudian di Nusantara 2 ada ruang-ruang kerja, komisi-komisi dan di Nusantara juga ada ruang ruang-rapat komisi,” bebernya.

Indra mengatakan, hari ini pihaknya fokus untuk penyemprotan di Gedung Nusantara 1 karena Gedung itu sudah dikosongkan dan tidak ada aktivitas dewan, lantaran sudah reses.

“Sedangkan untuk zonasi lain seperti Nusantara 3 dan lainnya akan dilakukan secara bertahap, tapi berkaitan dengan zonasi lain DPD dan MPR tentu kewenangan Setjen DPD dan MPR.

“Aktivitas di MPR dan DPD juga sudah dibatasi hari ini, di mana yang masuk hanya eselom 1, 2, 3, dan 4, plus para staf melayani administrasi berkaitan dengan hak hak keuangan dewan hari ini,” imbuhnya.

Selebihnya, tambah Indra, kegiatan lain seperti peneliti perancang undang-undang akan dilakukan berdasarkan penugasan dari atasan atau dikerjakan di rumah.

“Kita tidak menentukan persentase staf yang masuk tapi berdasatkan fleksibilitas kebutuhan, jadi kalau dibutuhkan dipanggil ke kantor kalau tidak tetap di rumah,” tutupnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60