Peran Pers Sangat Signifikan Hadapi Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Talk Show UNM Peran Pers di Tengah Pandemi Covid-19
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar talkshow bertajuk “Covid-19, Media dan Wajah Indonesia”, Jumat, (11/9). Dalam talkshow yang diusung secara virtual ini, Profesi UNM menghadirkan dua pemateri nasional pada bidang jurnalisitik.

Kedua pemateri ini yakni, Budi Setyarso yang merupakan Pemimpin Redaksi Koran Tempo, dan Revolusi Riza yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.

Read More

banner 300250

Kehadiran kedua pembicara tersebut pada talkshow ini menjawab bagaimana peran pers yang dinilai krusial di tengah wabah pandemi.

Budi Setyarso menerangkan fungsi media atau pers di masa pandemi menjadi sangat signifikan. Pimred Koran Tempo itu menjabarkan fungsi media sebagai watchdog (pengawas) semakin krusial ketika wabah pandemi membesar.

“Fungsi itu kan ada tiga, yang pertama sebagai pengawas, edukasi buat publik dan juga fungsi hiburan. Nah tiga-tiganya sangat relevan dan penting di situasi krisis,” terangnya.

Herbal untuk Covid-19

Adapun Revolusi Riza lebih menekankan pada aspek fakta lapangan dan ahli yang kredibel ketika memberitakan sesuatu. Sekjen AJI Indonesia ini juga mengakui bahwa secara pergerakan fungsi media saat pandemi menjadi terbatas, namun Ia mengatakan hal itu tidak menjadi penghalang dari peran pers selama tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pandemi ini memang membuat kita (secara pergerakan) itu terbatas, tpi sepanjang kita mematuhi protokol rasa-rasanya relatif aman,” jelasnya.

Talkshow berkonsep virtual ini merupakan rangkaian dari Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2020 LPM Profesi UNM dan terbuka untuk umum. Kegiatan ini bertujuan untuk menyikapi pandemi yang tengah merebak.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60