5 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Ketumbar adalah salah satu jenis rempah dan bumbu masakan yang sudah jamak digunakan di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Selain sebagai penyedap masakan, Ketumbar juga berkhasiat untuk obat berbagai jenis penyakit. Ketumbar bisa dipakai dengan direbus lalu airnya diminum. Bisa juga dihaluslan kemudian dikonsumsi.

Sahabat LiraNews, langsung saja, ini 5 manfaat ketumbar bagi kesehatan:

1. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Biji ketumbar memiliki kandungan senyawa kolinergik. Fungsinya adalah meredakan tegangan pada pembuluh darah, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah lebih normal.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menyebutkan, Ketumbar berdampak langsung pada tekanan darah, dan ekstrak biji ketumbar secara signifikan mengurangi hipertensi.

2. Mencegah Diabetes

Kali ini, penelitian menyebutkan bahwa Ketumbar memiliki kandungat serat tinggi yang potensial untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Artinya Ketumbar sangat baik untuk mencegah dan mengobati diabetes.

3. Mengobati Peradangan pada Jantung

Pembengkakan pada jantung adalah sebuah akibat dari adanya gejala penyakit tertentu. Penyakit itu memaksa jantung dipompa semakin kencang dan keras. Otot jantung pun mengalami peradangan dan bengkak.

Nah, Ketumbar berkhasiat mengatasi peradangan pada jantung. Cara kerja Ketumbar dalam hal ini adalah dengan menghancurkan penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan antioksidan pada Ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Penyakit perut seperti diare, perut kembung, sembelit, bahkan cacingan bisa sembih dengan minum air rebusan Ketumbar.

5. Mengobati Mata Merah

Mata merah serta infeksi pada mata ternyata bisa diobati dengan air rebusan ketumbar. Sebab ada kandungan antioksidan pada ketumbar yang berkhasiat untuk mengobati mata merah, iritasi, serta pembengkakan mata sehingga mata jadi bersih dan sehat.

Demikianlah, 5 manfaat biji ketumbar bagi kesehatan. Silahkan mencoba, semoga bermanfaat.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60