Airlangga Hartarto: Golkar Dan NasDem Sepakat Kawal Kebijakan Pemerintah

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, agenda utama pertemuan silaturahmi antara dirinya dengan Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh adalah bersama-sama mengawal dan menjaga kebijakan publik pemerintah agar dapat sesuai dengan yang diharapkan Presiden Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Airlangga kepada para awak media di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Senin (9/3/2020).

“Tadi ada beberapa hal yang dibahas dan antara lain yang pertama terkait dengan kebijakan politik dalam kabinet mendukung koalisi Bapak Presiden. Partai Golkar dan Partai NasDem bersama-sama untuk mengawal dan menjaga kebijakan publik pemerintah agar bisa menjalankan program sesuai yang diharapkan oleh Bapak Presiden Jokowi,” katanya.

Airlangga menuturkan, partainya memiliki pandangan yang sama dengan Partai NasDem mengenai beberapa produk rancangan perundang-undangan Omnibus Law, baik RUU Cipta Kerja (Ciptaker) maupun Perpajakan.

“Kemudian, terkait dengan penugasan-penugasan termasuk di dalamnya prioritas perundang-undangan baik Omnibus Law Perpajakan maupun Ciptaker, Partai Golkar dan Partai NasDem tadi bersepakat bahwa kita akan mempunyai pemikiran yg sama,” ucapnya.

Yang ketiga, tandas Airlangga, terkait UU dalam hal ini Parliamentary Treshold, partainya mendukung gagasan Surya Paloh mengenai besaran Parliamentary Treshold dan Presidential Treshold nantinya.

“Ada usulan dari Pak Surya Paloh bahwa Parliamentary Treshold sebanyak 7 persen dan Partai Golkar melihat ini suatu yang bagus dan Partai Golkar akan mendukung konsep tersebut dan juga terkait Presidential Treshold tetap 20 persen, dan ada tambahan usulan Pak Surya Paloh yang 7 persen ini berlaku secara nasional,” sebutnya.

Airlangga juga berharap, kerjasama kedua partai akan berlanjut dalam Pilkada serentak tahun 2020.

“Selanjutnya antara kerjasama silaturahmi dan kebijakan Partai Golkar maupun Partai NasDem di dalam Pilkada tentu mengupayakan kerja bersama,” tegasnya.

Agenda Lain Pertemuan Silaturahmi

Selain agenda utama di atas, Airlangga juga menyebut agenda lain pertemuan antara Ketum dan segenap pengurus DPP Partai NasDem dengan dirinya dan para pengurus DPP partainya adalah untuk membahas kepentingan nasional.

“Jadi dalam pertemuan silaturahmi ini juga dibahas apa yang penting untuk bangsa dan negara. Jadi national interest, kepentingan nasional,” katanya.

Airlangga mengatakan, terkait kepentingan nasional, parpol-parpol tidak memiliki perbedaan pandangan.

“Dengan partai-partai ini tidak ada perbedaan terkait kepentingan nasional,” ungkapnya.

Menurut Airlangga, partai-partai politik saat ini tengah memikirkan bagaimana Indonesia dapat bertahan di tengah ketidakpastian ekonomi global.

“Dalam kepentingan nasional tentu bagaimana agar di tengah ketidakpastian global economy kita punya politik yang kuat dan solid, tentu untuk menghadapi ketidakpastian ini,” tuturnya.

Airlangga berpendapat, apabila Indonesia memiliki politik yang kuat, maka tentunya setiap parpol dapat mendorong kebijakan-kebijakan publik yang lebih baik kepada pemerintah.

“Tentunya dalam ketidakpastian, namun ditopang dengan politik yang kuat tentu kita bisa dorong kebijakan-kebijakan publik yang lebih baik,” jelasnya.

Pertemuan ini juga, ujar Menko Perekonomian tersebut, juga untuk mencairkan suasana partai-partai politik di Tanah Air.

“Tujuan pertemuan silaturahmi ini juga untuk membuat suasana yang cair antar parpol baik yang di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan,” terangnya.

Airlangga menyatakan, Parta Golkar juga telah menjadwalkan pertemuan dengan Partai Amanat Nasional (PAN) minggu ini.

“Yang di luar pemerintah beberapa kali kan sudah ada pertemuan juga nanti akan dijadwalkan dengan PAN minggu ini juga,” ujarnya.

Airlangga juga menambahkan, sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, dirinya ditugaskan Presiden Jokowi untuk mensosialisasikan dan mengkomunikasikan setiap program kerja pemerintah.

“Jadi tentu semua kami sampaikan ke Pak Presiden bahwa komunikasi terus dijalin terutama untuk selesaikan program-program pemerintah ke depan dan terkait dengan partain yang tergabung di dalam pemerintah kan sudah tersosialisasikan dengan baik,” pungkasnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60