Aisha: Bagus Pengusaha Luar Tahu Regulasi Halal Di Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Pendiri Halal Corner Aisha Maharani menilai bagus bila pengusaha luar ingin tahu regulasi halal di Indonesia. Namun, menurutnya, alangkah juga bagus jika edukasi pengusaha di negeri sendiri juga gencar.

“Diharapkan edukasi yang gencar ke masyarakat bisa jadi penangkal dalam menghadapi agresifitas produk halal asing yang siap masuk ke Indonesia,” ujar Aisha dalam keterangannya, ditulis Jumat (15/9/2017).

Dia menekankan, tidak masalah jika produsen asing mensertifikasi produk halal mereka dengan acuan Indonesia. Tapi itu membuka potensi produk asing membanjiri pasar Indonesia.

‘Lalu bagaimana dengan produk halal lokal? Apakah tidak ada regulasi membatasi? Banyak UMKM yang buta regulasi halal,’ ungkap Aisha.

Bahkan, katanya, sebelum jauh ke sana, pencatatan keuangan mereka saja belum baik dan tertib. Maka Indonesia juga perlu menggencarkan edukasi pengusaha dalam negeri.

Semestinya, pemerintah merangkul komunitas di lapangan. Karena komunitas banyak berinteraksi dengan UMKM.

‘Kerja besar sekali karena kewajiban sertifikasi halal tidak hanya mencakup produk pangan dan obat, tapi juga produk gunaan,’ kata Aisha.

Aisha menerangkan, Pemerintah punya program edukasi. Mereka punya fungsi edukasi dan itu pasti punya alokasi anggaran operasional. Komunitas-komunitas halal bisa diberdayakan.

Sayangnya, soal mimpi Indonesia jadi produsen utama produk halal dunia belum masuk lima besar produsen pangan halal dalam skaaa global.

‘Ini PR, kalau mau berjaya dan berdaya, memang banyak yang harus diselesaikan,’ pungkasnya. LN-DIT

banner 300x250

Related posts

banner 468x60