Akhirnya, Bamsoet Terpilih Menjadi Ketua MPR Periode 2019-2024

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Mantan Ketua DPR RI yang juga Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo akrab disapa Bamsoet akhirnya terpilih menjadi ketua MPR RI periode 2019-2024.

Bamsoet terpilih dalam Sidang Paripurna MPR RI yang berlangsung malam ini, Kamis (3/10). Bamsoet lolos menjadi ketua MPR setelah mengantongi dukungan dari sembilan fraksi MPR, termasuk DPD.

Sebelumnya, Sidang Paripurna sempat diskorsing hingga pukul 20.50 WIB untuk lobi. Pasalnya, hingga Sidang Paripurna dimulai pukul 19.40 WIB, Gerindra masih menginginkan Ahmad Muzani untuk menempati kursi ketua MPR.

Pada pukul 21.00 WIB, Sidang Paripurna yang dihadiri 647 dari 711 anggota MPR kembali dimulai. Riza Patria dari Fraksi Gerindra akhirnya menyatakan mendukung Bamsoet. Selanjutnya, Bambang Soesatyo cs dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Sebelumnya, pimpinan MPR sementara menggelar rapat gabungan bersama pimpinan fraksi MPR dan kelompok DPD. Dalam rapat tersebut, para pimpinan fraksi dan kelompok DPD telah mengajukan nama-nama calon pimpinan MPR RI periode 2019-2024.

Nama-nama yang diajukan tiap-tiap fraksi dan kelompok DPD dibacakan oleh Ketua MPR RI sementara, Abdul Wahab Dalimunthe. “Demokrat, Syarief Hasan; dari PDIP, Ahmad Basarah; PKB, Jazilul Fawaid; PKS, Hidayat Nur Wahid; PAN, Zulkifli Hasan; Golkar, Bambang Soesatyo; NasDem, Lestari Moerdijat; Gerindra, Ahmad Muzani; PPP, Arsul Sani; dan dari DPD, Fadel Muhammad,” katanya.

Abdul menambahkan, rapat gabungan ini akan dilaksanakan secara musyawarah mufakat. “Di samping itu, untuk menerima pendapat fraksi-fraksi dan fraksi-fraksi menyampaikan calon masing-masing,” sambungnya.

Abdul menyatakan, nama-nama tersebut nantinya akan bermusyawarah untuk memilih Ketua MPR RI. “Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua. Itu saja. Tapi tahulah orang yang bicara ini kan bisa lima menit. Jadi tidak ada apa-apa. Pendeknya tidak ada bertengkar-tengkar. Musyawarah mufakat dan damai-damai saja semua,” jelasnya.

Menurut Abdul, semua pihak menghendaki Ketua MPR RI dipilih secara musyawarah. “Tapi tampaknya semua ingin musyawarah. Jadi tidak ada yang harus dikhawatirkan. Tidak ada yang alot,” tutupnya.

Berikut susunan pengurus fraksi-fraksi MPR:

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah dan Sekretaris TB Hasanuddin.

Penasihat Fraksi Golkar Agun Gunandjar, Ketua Fraksi Zainuddin Amali, Sekretaris Fraksi Idris Laena, dan Bendahara Fraksi Mujib Rohmat.

Ketua Fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, Sekretaris Fraksi Elnino M Husein Mohi, dan Bendahara Fraksi Andi Irwan Darmawan Aras.

Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny Plate dan Sekretaris Fraksi Abdullah Alkadrie.

Penasihat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Fraksi Jazilul Fawaid, dan Sekretaris Fraksi Neng Eem Marhamah.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Guntur Sasono.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring, Sekretaris Fraksi Johan Rosihan, dan Bendahara Fraksi Saadiyah Uluputty.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Iding Abdullah dan Sekretaris Fraksi Saleh Partaonan Daulay.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi dan Wakil Ketua Fraksi Saifullah Tamliha. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60