Aksi Modifikasi Tangki Motor Isi Premium Di SPBU Sinjai Merajalela

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Sinjai, LiraNews — Sinergi Jaringan Independen Gerakan Rakyat Menggugat (Sinjai Geram) masih menemukan adanya kendaraan yang mengisi bahan bakar jenis Premium tidak sesuai dengan kapasitas tangki kendaraannya.

Hal ini ditemukan presidium Sinjai Geram, Awaluddin Adil saat melakukan pemantauan di lokasi SPBU Biringere, kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, sabtu (31/8/2019) dini hari tadi.

“Kami menemukan empat kendaraan roda dua sekitar pukul 00.30 wita di SPBU Biringere dengan memodifikasi tangki motor melakukan pengisian melebihi kapasitas tangki. Dengan membeli premium sebesar Rp 200 ribu 1 unit motornya,” Ungkapnya.

Menurut Awal, tindakan memodifikasi tangki bahan bakar kendaraan sudah melanggar hukum, dan pelaku dapat kena sanksi pidana. Hal itu diatur di Pasal 55 Undang-undang Tahun 2001, Tentang Minyak dan Gas Bumi, dimana sanksi diberikan kepada para pelaku modifikasi kapasitas tangki BBM.

“Sanksi hukumannya tidak main-main dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan dengan denda paling tinggi Rp 60.000.000.000 (enam puluh miliar Rupiah),” jelasnya.

Olehnya menyikapi maraknya aksi tersebut, Awal meminta kepada PT. Pertamina untuk memberikan sanksi kepada SPBU yang melayani konsumen nakal, yang mengakibatkan BBM jenis premium tidak dapat dirasakan sebagian masyarakat bawah.

“Yang pastinya Pihak Pertamina, dan Kepolisian Sinjai, harus turun untuk memantau dan menindak SPBU dan konsumen yang memodifikasi tangki kendaraannya untuk mendapatkan BBM jenis premium untuk dijual dengan keuntungan berlipat,” tegasnya.

Ditambahkan Awal, pihaknya juga sangat menyayangkan Dinas Perindag dan ESDM Sinjai, karena dinilai tidak bisa mengambil sikap tegas, padahal sebelumnya mereka telah menggelar pertemuan dengan beberapa pemilik SPBU di Sinjai, dan telah menyepakati untuk tidak melayani konsumen dengan tangki kendaraan modifikasi, namun nyatanya kesepakatan itu tidak dijalankan.

“Sangat disayangkan hasil pertemuan Disperindag dan beberapa pemilik SPBU di Sinjai, seolah hanya pencitraan semata, pasalnya tidak ada komitmen yang jalan dari hasil kesepakatan tersebut,” Kuncinya. LN-RED

Sun Sep 1 , 2019
Bogor, LiraNews — Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah 1441 di Kabupaten Bogor dilaksanakan kegiatan masyarakat pawai obor Di Seluruh Kecamatan di Kabupaten Bogor. Namun kegiatan pawai obor terbesar di Kabupaten Bogor berpusat di daerah Ciawi dan kegiatan pawai obor ini dipimpin langsung oleh Bupati Bogor. Sabtu (31/8/2019). Untuk memberikan […]