Alfian Tanjung: Gerakan Komunisme Ini Memang Muncul

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Mantan dosen Universitas Muhammadiya Prof.Dr. HAMKA (UHAMKA), Alfian Tanjung mengatakan bahwa gerakan komunisme ini memang muncul. Dalam persidangan nanti dirinya akan menyiapkan bukti-bukti kebangkitan komunisme di Indonesia.

“Apa yang sebutkan dalam video di YouTube bukan tanpa dasar, Kami akan hadapi semua di pengadilan,” ujar tersangka ujaran kebencian, diskriminasi ras dan etnis kepada wartawan, Rabu malam (31/5/2017).

Alfian menjalani pemeriksaan kepolisian setelah dia dilaporkan oleh PDI Perjuangan karenya menyebut sejumlah kadernya adalah bagian dari PKI.

“Prosesnya memang terlalu cepat. Saya merasa dizalimi karena belum sempat membeberkan fakta kebangkitan PKI di Indonesia,” katanya usai diperiksa selama Sembilan jam.

Hal itu ditegaskan kuasa hokum Alfian, Abdullah Alkatiri, bahwa apa yang disampaikan kliennya itu memang fakta. Alfian menyebut kader PDIP itu bagian dari PKI berdasarkan pernyataan salah seorang kader yang bernama Ribka Tjiptaning dalam talk show di sebuah stasiun televisi pada 2012.

“Ribka Tjiptaning itu yang menyatakan bahwa ada 20 juta kader PKI di Indonesia. Itu pun menurut yang bersangkutan (menyebut) semua itu memilih partai tersebut. Itu ada referensinya,” kata Alkatiri.

Sebagaimana dikabarkan, Polda Metro Jaya resmi menetapkan Alfian sebagai tersangka.

Alfian dijerat Pasal pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 3 dan/atau pasal 28 ayat 2 jo pasal 45a ayat 2 UU 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dia juga dijerat pelanggaran pasal 310 dan 311 dan pasal 156 KUHP.

Mabes Polri juga menetapkan Alfian sebagai tersangka dengan pasal yang ssma terkait video ceramahnya setelah dilaporkan oleh warga Surabaya, Sudjatmiko ke Bareskrim pada Selasa (11/4/2017). LN-JMP

banner 300x250

Related posts

banner 468x60