Amerika Resesi Ekonomi, Praktisi Hendra Boen Sampaikan Saran Strategis ke PKPU dan Kepailitan

Jakarta, Jurnas.com – Banyak ekonom Wall Street memprediksi bahwa Amerika Serikat akan mengalami resesi atau pertumbuhan ekonomi negatif dalam waktu dekat.

Namun berdasarkan data dari GDPNow milik Federal Reserve Negara Bagian Atlanta, pertumbuhan ekonomi Amerika pada kuartal kedua tercatat negatif 2,1 persen setelah kuartal pertama negatif 1,6 persen. Pertumbuhan negatif dua kuartal secara beruntun telah memenuhi definisi teknis resesi ekonomi.

Read More
banner 300250

Mencermati perkembangan ini, praktisi hukum restrukturisasi Hendra Setiawan Boen mengingatkan agar pemerintah dan pelaku usaha di Indonesia meningkat kewaspadaan dan kesehatan ekonomi Indonesia.

“Resesi di Amerika pasti mempengaruhi Indonesia karena mereka akan menjaga likuiditas masing-masing sampai ekonomi kembali pulih. Minimal dengan menarik uang mereka dari pasar Indonesia sehingga menekan nilai tukar rupiah dan saham,” jelas Hendra.

Managing Partner Frans & Setiawan Law Office ini juga menuturkan bahwa selain keluarnya arus modal asing dari pasar Indonesia, pelaku usaha Amerika akan mengurangi impor barang dari mitra dagang, termasuk Indonesia.

Berarti sektor rill seperti ekspor juga akan terdampak. Karena nilai tukar Rupiah melemah, maka pembayaran utang maupun pembelian dari pihak Indonesia ke pihak luar akan semakin mahal.

“Sementara itu, tekanan terhadap pelaku usaha dan masyarakat umum turut datang dari kebijakan pemerintah Indonesia sendiri seperti membatasi konsumsi BBM bersubsidi, kenaikan listrik, pajak dan lain sebagainya. Padahal dunia usaha baru melakukan recovery setelah covid mereda,” lanjut pria yang tercatat sebagai 40 advokat muda berprestasi Asia versi Thomson Reuters ini.

Hendra menjelaskan, dalam skenario pendapatan menurun sementara pengeluaran meningkat pasti mengganggu keuangan pelaku usaha Indonesia.

“Dalam kondisi keuangan morat-marit mereka bisa kesulitan membayar utang dan kreditur dapat memilih jalur PKPU atau kepailitan otomatis pendaftaran perkara PKPU dan pailit juga akan meningkat,” paparnya.

Hendra berharap apabila PKPU dan pailit kembali naik, maka tidak ada langkah panik dan terburu-buru dari pemerintah dan pengusaha seperti yang terjadi saat PKPU dan pailit naik karena covid dua tahun belakangan di mana mereka mengusulkan moratorium pendaftaran PKPU dan pailit.

Setiap masalah pasti ada pemecahannya. Sejak awal pandemi Hendra sudah menegaskan perkara PKPU dan pailit naik karena covid sehingga untuk mencegah semakin naik, terlebih dahulu covid harus diatasi, dan ternyata terbukti benar.

Sekarang apabila PKPU dan pailit kembali naik karena Amerika resesi, maka solusi satu-satunya menunggu resesi tersebut selesai, dan sementara itu ada baiknya memperketat pengeluaran sambil melakukan restrukturisasi utang dengan kreditur sebelum mereka ramai-ramai mendaftarkan PKPU dan pailit.

Related posts