Antisipasi Teror Saat Nataru, Rano Alfath Imbau Aparat Keamanan Tingkatkan Sinergitas

Jakarta, LiraNews – Anggota Komisi III DPR RI Mohammad Rano Alfath meminta kesiapan dan sinergitas aparat kepolisian dalam menangani Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Rano mengimbau harus ada penguatan sinergitas aparat agar penanganan Nataru berjalan dengan lancar, khususnya di tempat-tempat ibadah yang nantinya akan dipenuhi oleh umat Kristiani.

Read More
banner 300250

“Operasional Kamtibmas kami minta ada penguatan khususnya terkait koordinasi pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Tolong pastikan maximum security untuk gereja-gereja, kedepankan deteksi dini untuk antisipasi ancaman dan segala gangguan yang mungkin muncul harus bisa dimitigasi dengan baik. Kita harus pastikan beri rasa aman ke sahabat-sahabat kita umat Kristiani agar bisa melakukan ibadah dengan aman, nyaman dan tentram,” tutur Rano kepada awak media, Kamis (22/12/2022).

Menyusul beberapa insiden yang terjadi belakangan ini seperti pengeboman di Polsek Astana Anyar, Bandung, Rano mengingatkan agar aparat penegak hukum bisa meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaannya.

“Libur Nataru paling rawan aksi terorisme dan radikalisme, oleh karena itu aparat wajib meningkatkan kewaspadaannya dan kuatkan sinergi tidak hanya di kota besar saja tapi juga di daerah-daerah,” beber Rano.

“Intinya security, perasaan bebas dari gangguan fisik dan psikis; Surety, perasaan bebas dari kekhawatiran; Safety, perasaan terlindung dari segala bahaya dan Peace, perasaan damai lahiriah dan batiniah harus benar-benar dipelihara agar masyarakat merasa terayomi sehingga bisa melakukan aktivitas tanpa diliputi rasa takut atau kekhawatiran,” tegas politisi PKB ini.

Rano pun meminta seluruh lapisan aparat Kamtibmas bisa bersinergi secara serius dalam mengantisipasi ancaman atau gangguan dan melakukan penegakan hukum yang optimal, efektif, dan efisien.

Terakhir, legislator asal Dapil Banten 3 ini juga mengimbau masyarakat agar mendengarkan dan mematuhi imbauan dari pihak kepolisian.

“Saya memahami antusiasme masyarakat dalam menyambut libur Nataru kali ini lumayan tinggi. Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, saya juga imbau agar masyarakat selalu mematuhi regulasi atau prosedur yang dikeluarkan oleh aparat penegak hukum,” tutup Rano Alfath.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *