Antisipasi Wabah Corona, DPMD Sampang Minta Pengadaan Masker Bagi Desa 

Sampang, LiraNews – Dalam penanganan wabah corona (Covid-19), setiap Desa di Sampang diintruksikan untuk menganggarkan dana minimal Rp.15 juta melalui Dana Desa untuk memberantas Covid-19.

Sesuai dengan hasil rapat koordinasi tim penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sampang pada hari Jumat (3/4/2020) kemarin, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang meminta untuk pengadaan masker bagi desa.

“Agar pemerintah desa menyiapkan anggaran pembelanjaan masker untuk masyarakat desa 60% dari jumlah penduduk desa dan diharapkan sebagai antisipasi mewabahnya Covid-19 di desa,” ujar Kepala DPMD kabupaten Sampang, H. Abdul Malik Amrullah SH, M.Si, Sabtu (4/4/2020).

Kata Malik, desa dapat melaksanakan pengadaan masker dengan memperdayakan masyarakat yang memiliki keahlian menjahit atau konveksi atau kelompok kerja.

Adapun rekomendasi untuk masker yang diajukan yakni lapisan luar kain katun, lapisan dalam microfiber, pita plastik, bahan mudah dibersihkan, panjang 17 cm lebar 9,5 cm dan jarak lipatan 1,5 cm

“Apabila masyarakat ingin membuat diharapkan membawa satu contoh untuk diteliti terlebih dahulu kepada tim PPI Rumah Sakit Umum Daerah dr. Muhammad Zyn Kabupaten Sampang,” kata Malik.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sampang telah menambah anggaran untuk penanganan pandemi corona (Covid-19) sebesar Rp 22 miliar. Sebelumnya, pemerintah hanya memberikan anggaran sebesar Rp 7 miliar.

“Anggaran tersebut dimiliki oleh Tim Kabupaten yang terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dalamnya,” katanya, Kamis (2/3).

Yuliadi Setiawan menjelaskan, dengan jumlah anggaran itu pihaknya akan melakukan upaya sebaik mungkin untuk menjaga keselamatan masyarakat dari pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, sebagaimana kebijakan Bupati Sampang, melalui Dana Desa setiap desa diintruksikan melakukan pengadaan masker untuk dibagikan kepada warga. Jumlahnya, setiap orang minimal mendapatkan dua masker.

“Jenis masker yang dibagikan merupakan yang terbuat dari kain katun agar awet jika dipakai,” pungkasnya. LN-R2