Atasi Stres dengan Berendam Air Hangat

Jakarta, LiraNews – Berendam air hangat sangat dianjurkan untuk meningkatkan kesehatan, baik secara fisik maupun psikologis. Kenapa bisa demikian?

Sebuah penelitian kesehatan mengonfirmasi bahwa berendam air panas dapat membuat arteri mengendur dan mengembang, serta meningkatkan sirkulasi. Hal ini diungkap dokter medis dan profesor di Tokyo City University Shinya Hayasaka yang dipublikasi oleh sejumlah media terkemuka.

Read More
banner 300250

Kata Hayaskasa, ketika berendam air panas, darah membawa oksigen dan nutrisi ke semua sel di tubuh Anda – sebanyak 37 triliun, menurut beberapa perkiraan – dan membawa karbon dioksida dan produk limbah lainnya.

“Dorongan pada sirkulasi inilah yang bertanggung jawab atas perasaan restoratif yang Anda dapatkan saat berendam di bak mandi, seolah-olah penumpukan kelelahan hari itu mengambang di atas awan uap,” lanjutnya.

Hebatnya lagi, lanjut Hayakasa, panas mengurangi rasa sakit, dan menghangatkan tubuh mengurangi kepekaan saraf, yang dapat mengurangi sakit punggung, bahu kaku, dan berbagai macam rasa sakit dan nyeri lainnya. Panas juga melembutkan ligamen kaya kolagen yang mengelilingi sendi, membuatnya lebih kenyal dan mengurangi nyeri sendi.

Berikut Manfaat Berendam Air Panas

1. Memberikan efek relaksasi dan meredakan Stres

Sebuah penelitian di Mayo Clinic menyebutkan bahwa air hangat dapat menyebabkan jantung bekerja lebih cepat untuk memompa darah ke permukaan tubuh sehingga panas dapat dikeluarkan.

Hal ini menyebabkan pembuluh darah berdilatasi (ekspansi) sehingga menurunkan resistensi aliran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Aliran pembuluh darah ke otot juga dapat membantu relaksasi otot.

Ada efek rasa tenang ketika seluruh tubuh direndam air hangat. Pikiran lebih fresh dan masalah seperti lenyap.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Ketika tubuh dicemplungkan ke dalam bak berisi Air hangat, maka pembuluh darah terbuka (vasodilatasi) dan memicu tubuh mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan nyaman dan senang.

Selanjutnya, akan muncul rasa kantuk dan dalam suasana hati yang tenang. Maka kualitas tidur lebih maksimal sehingga ketika bangun badan terasa lebih segar.

3. Memperlancar peredaran darah

Tubuh yang dimasukkan dalam bak air hangat akan mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh lebih lancar.

Peredaran darah yang lancar ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menstabilkan tubuh agar tidak mudah masuk angin. Aliran darah tersebut juga akan menutrisi kulit sehingga kulit jadi lebih sehat.

4. Mengeluarkan toksin/racun

Terapi air hangat juga bisa digunakan sebagai detoksifikasi alami. Saat Anda melakukan terapi tersebut, hormon dan sistem endokrin akan aktif sehingga memicu tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Jangan lupa bahwa keringat adalah salah satu mekanisme pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Selain berbagai manfaat terapi air hangat yang sudah dijelaskan di atas, prosedur ini juga berguna untuk meredakan pembengkakan dan peradangan. Guna mendapatkan manfaat terapi air hangat secara maksimal, disarankan untuk berendam setidaknya selama 20 menit. Agar terhindar dari dehidrasi, dianjurkan untuk minum air sebelum dan sesudah melakukan terapi ini.

5. Menghilangkan nyeri

Nyeri pada otot, juga pegal-pegal di badan dan persendian adalah penyakit yang salah satunya disebabkan oleh tidak lancarnya peredaran darah.

Nah, mandi air hangat bisa mengatasi hal tesebut dengan melancarkan kerja pembuluh darah dengan membuat sendi, tendon, jaringan dan otot lebih kendur.

(dikutip dan diolah dari berbagai sumber terpercaya)

Related posts