Awas, Jangan Blunder Komunikasi Saat Pandemi Covid-19 Mengancam

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyebut bahwa komunikasi yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting bagi terbangunnya kepercayaan publik.

Semakin berkualitas komunikasi antar anggota dalam suatu kelompok, maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan antara anggota dalam kelompok itu.

Read More

banner 300250

Sebaliknya, semakin rendah kualitas komunikasi antara anggota kelompok, maka semakin rendah pula tingkat kepercayaan di antara mereka.

Selanjutnya, dalam masa bencana, komunikasi yang berkualitas berperan penting bagi terbangunnya kepercayaan diri publik untuk menghadapi bencana, meredam kepanikan, meminimalisir rumor dan membantu publik menyiapkan diri menghadapi krisis.

Sayangnya, sejak pandemi Covid-19 arau virus Corona melanda dunia dan terjadi di Indonesia, hingga Presiden menyatakan secara resmi ketibaaan nya, blunder komunikasi politik terus berlangsung di antara anggota kabinet sehingga melahirkan kebingungan, kepanikan, dan mengikis kepercayaan publik kepada pemerintah.

“Hasil penelitian Center for Media and Democracy LP3ES menemukan bahwa dalam kurang dari 100 hari sejak pandemi menjadi ancaman di Indonesia, telah ada puluhan blunder komunikasi di antara anggota kabinet kerja jilid II,” demikian disampaikan dalam rilis LP3ES, Senin (6/4/2020).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60