Azis Syamsuddin: Satgas Covid-19 Harus Lebih Maksimal Turunkan Positivit Rate

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 perlu bekerja lebih maksimal dalam mengupayakan penurunan positivity rate yang merupakan perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah testing yang dilakukan agar mendekati angka 5 persen sebagai ketetapan standar positivity rate oleh Badan Kesehatan Dunia/WHO, positivity rate tujuh hari terakhir mencapai angka 27,27 persen, tentunya harus ada upaya lain yang harus dilakukan satgas Covid-19.

“Adanya libur panjang menyebabkan positivity rate meningkat, maka Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemerintah Daerah (Pemda) perlu meningkatkan jumlah testing dan pelacakan kontak secara masif, yang diiringi isolasi bagi pasien terkonfirmasi,” kata Azis kepada para wartawan, Selasa (23/2/2021).

Read More

banner 300250

Menurut Azis, sudah selayaknya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro untuk dievaluasi.

Harus dilihat sejauh mana efektivitas kebijakan tersebut dalam menurunkan kasus Covid-19, untuk disusun kebijakan baru yang lebih tepat dan efektif,” jelas Waketum Partai Golkar itu.

Azis Syamsuddin berharap, adanya perbaikan terhadap sistem pendataan dan pelaporan kasus Covid-19 yang memudahkan tenaga kesehatan melaporkan data secara real time dan valid juga menjadi faktor dalam implementasi kegiatan di lapangan agar kebijakan penanganan Covid-19 bisa berjalan secara efektif dan tepat sasaran.

“Pemda perlu memperbanyak layanan kesehatan yang dapat menyelenggarakan testing Covid-19 termasuk hari libur, sehingga memudahkan masyarakat apabila ingin melakukan testing Covid-19,” tegas mantan Ketua Komisi III DPR RI ini.

“Pemda juga perlu mengimbau masyarakat untuk aktif memeriksakan kondisi tubuh jika mengalami gejala Covid-19 serta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (5M) secara ketat dimanapun berada,” pungkas Azis Syamsuddin. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60