Bamsoet Dorong Pemerintah Segera Sosialisasikan Aturan Mudik Lebaran

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah untuk segera menyosialisasikan keputusan tentang aturan mudik lebaran, baik pelarangan mudik, maupun imbauan bagi para perantau untuk jangan pulang kampung.

“Pemerintah harus segera menyosialisasikan aturan mudik lebaran 2020, sehingga masyarakat, terutama perantau dapat mempertimbangkan kembali rencana mereka apa mau mudik lebaran ke daerah asalnya masing-masing atau tidak,” ujar Bamsoet, Rabu (31/3/2020).

Apa pun aturan mudik yang dibuat, jelas Bamsoet, pemerintah harus tetap melakukan penjagaan serta pengamanan di setiap wilayah yang menjadi jalan-jalan utama pemudik, baik tol maupun non tol. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi adanya perantau yang nekat tetap mudik ke daerah asalnya.

Tak kalah lenting, Bamsoet mendorong pemerintah tetap mempersiapkan kecukupan tenaga medis dan peralatan alat kesehatan di setiap Rumah Sakit di daerah, mengingat sudah banyaknya perantau yang terlanjur mudik ke daerah asal sebelum dikeluarkannya aturan mudik lebaran 2020 ditengah pandemik Covid-19.

“Kami minta masyarakat mematuhi aturan mudik lebaran 2020 yang telah dikeluarkan oleh pemerintah nantinya, serta untuk tetap fokus pada pencegahan meluasnya Covid-19 dengan mengurangi mobilitas antar daerah, guna mencegah meluasnya rantai virus Corona hingga ke daerah-daerah,” jelasnya.

Politikus kawakan Partai Golkar ini juga mengingatkan pemerintah agar benar-benar memperhatikan kebutuhan pokok dan kelangsungan hidup sejumlah kelompok rentan kesulitan dalam memenuhi kebutihan pokok harian.

“Mengingat sebagian besar dari masyarakat terancam kehilangan sumber penghasilannya akibat kebijakan social distancing dan physical distancing yang bertujuan untuk mencegah penularan virus corona, di sisi lain juga berdampak buruk karena dapat mematikan pekerjaan-pekerjaan yang bergantung pada interaksi sosial,” tegas Bamsoet.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60