Bangunan Rumah Jabatan Bupati Buol Mangkrak Terkepung Hutan Semak Belukar

Gravatar Image
  • Whatsapp

Buol, LiraNews — Bangunan Rujab Bupati Buol yang terletak di Kelurahan Leok II, Kecamatan Biau sudah terkepung oleh semak belukar, bahkan telah menutupi sekeliling bangunan. Ironisnya sampai saat ini belum juga ada perhatian pemerintah setempat untuk melanjutkan pembangunan Rujab yang cukup menelan  anggaran Miliaran Rupiah.

Diketahui pembangunan Rumah Jabatan Bupati Buol ini mulai dikerjakan pada Tahun 2019  melalui Dana Anggaran  Pendapatan Dan Belanja  Daerah (APBD)  Tahun 2019, dengan nilai kontrak Rp. 4.973.927.000.

Untuk tahap pertama, dikerjakan oleh PT. Jedri Utama Mandiri dan hingga kini bangunan Rumah Jabatan Bupati nampak terkepung oleh hutan semak belukar sampai menutupi badan bangunan bahkan tumbuh sampai kedalam bangunan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Friesa Agusfard. ST, membenarkan bahwa memang bangunan Rujab dalam dua tahun terakhir belum dianggarakan oleh adanya Pandemi Covid-19 yang melanda dua dua tahun kemarin, sehingga banyak anggaran terserap pada penanganan Virus Covid-19.

“Memang benar pada tahun 2019 sampai 2022, kita terpokus pada penganggaran Covid-19 sehingga penganggaran Infrastruktur terhenti akibat pandemi yang melanda Negeri ini,” ujarnya, Rabu (21/9/2022).

Insya Allah, katanya, untuk tahun kedepan pihaknya segera mungkin akan melakukan penganggaran kembali Untuk Rumah Jabataan Bupati hingga Tahun 2024 sampai  bangunan selesai hingga tahap Akhir.

“Nantinya Bupati yang akan terpilih pada saat pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang  sudah bisa menempati Rumah Jabatan (Rujab),” terang Freisa diruang kerjanya.

Kepala Dinas PUPR Optimis menjelang perayaan Hutda Kabupaten Buol  yang ke 23 Tahun, tepat pada tanggal 12 0ktober 2022, bisa memproritaskan penganggaran Rujab agar sedapat mungkin bisa dilanjutkan pekerjaannya.

“Dimana estimasi  anggaran diperkirakan Tahapan demi tahapan bangunan Rujab bisa mencapai 13 Sampai 18 milyar,” tutupnya. LN-Syabru

Related posts