Banyak Inovasi, Dirtahti Polda Jatim Dapat Penghargaan Lemkapi

Surabaya, LiraNews – Dirtahti Kepolisian Daerah Jawa Timur mendapatkan penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI). Penghargaan itu untuk pertama kalinya di Indonesia atas inovasi dan prestasi Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Jatim dalam memanusiakan para tahanan di dalam Rutan dan keluarganya pada saat mengunjungi tahanan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur LEMKAPI Dr. Edi Saputera Hasibuan didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, kepada Dir Tahti Polda Jatim AKBP Sutrisno, pada Jumat (6/12/2019), di gedung Patuh lantai 2 Mapolda Jawa Timur.

Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan mengatakan, Penghargaan tersebut merupakan penilaian yang dilakukan oleh LEMKAPI atas aplikasi tahanan yang baru saja dibuat Dit Tahti.

“(Ini) ada tim dari luar bagaimana tentang kinerja di Polda Jatim salah satu pelayanan di Dit Tahti dan ini menjadi penilaian (LEMKAPI),” ujar Kapolda Jatim, Jumat (6/12/2019).

Meskipun dibilang masih beberapa bulan menjabat Dirtahti, banyak inovasi – inovasi yang dibuat ditahanan, Memberikan pelayanan tahanan dengan aplikasi – aplikasi, Ada beberapa aplikasi dan ini baru pertama.

“Dirtahti masih baru beberapa bulan menjabat, Ini sudah membuat terobosan-terobosan inovatif, terkait pelayanan penahanan berbentuk aplikasi,” terang Kapolda.

Dikesempatan yang sama Dirut Eksekutif LEMKAPI, Dr. Edi Saputra menambahkan, Apresiasi ini merupakan pertama kali di Indonesia atas kinerja Polda Jatim terhadap masyarakat. Dalam pelayanan Polda Jatim, selalu mengutamakan pendekatan kepada masyarakat.

“Penghargaan ini adalah yang pertama di Indonesia dan akan menjadi motivasi Mapolda yang lain,” ujarnya.

“Tidak banyak yang melirik terkait pelayanan di bidang penahanan, tetapi Polda Jatim dengan niat yang tulus memberikan pelayanan dengan berbasis aplikasi dan itu sangat kita apresiasi,” tutupnya. Reporter: Alamuddin