Bazar UKM Jakpreneur 2021,Owner Mazana Craft Anton Haryadi Sampaikan Tips Usaha

Gravatar Image
  • Whatsapp
Bazar UKM Jakpreneur Jakarta Selatan, Oktober 2021

Jakarta, LiraNews – Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kota Administrasi Jakarta Selatan mengadakan Bazar UKM tingkat Kecamatan Pancoran di Pasar Mayestik JL. Tebah III No.3, Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin – Kamis, 18-21 Oktober 2021.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari para pelaku UKM, yang selama ini terbukti mampu menjadi penopang perekonomian di tengah pandemi.

Read More
banner 300250

Owner Mazana Craft atau Maya, Anton Haryadi menjelaskan bahwa bazar atau pameran adalah salah satu sarana dalam memperluas akses pemasaran produk.

“Selain dengan cara online seperti e-commerce dan platform marketplace lainnya, bisa juga dengan cara offline seperti mengikuti event, pameran, dan bazar,” ujar Anton, Kamis (21/10/2021).

Anton menuturkan, dalam sebuah even Bazar, para pelaku UMKM tidak hanya membuka stand di acara pameran atau bazar, juga harus aktif menelusuri berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi dari UMKM, khususnya yang fokus untuk menggiatkan UMKM.

“Contohnya bazar yang diselenggarakan di Pasar Mayestik tgl 18 – 21 Oktober 2021 Bazar Jakpreneur Kecamatan Pancoran, diadakan untuk mendukung UMKM Indonesia mengakses pasar yang lebih luas,” jelas Anton.

Anton Haryadi, Owner Mazana Craft

Ia menyebut bazar ini menjadi ajang silaturahmi dan menghidupkan geliat perekonomian di Era Pademi. Sebab UMKM adalah motor penggerak dari ekonomi.

Anton menjelaskan bazar UMKM akan menjembatani para pembeli konsumen secara langsung dengan pedagang, sehingga akan sangat berguna buat Indonesia.

Ia juga menilai bahwa bazar merupakan kegiatan yang dapat memotivasi bangkitnya UMKM, sehingga dapat menggerakkan perekonomian secara lebih massif.

“Bazar UMKM perlu sering dan intens digelar, sehingga para pelaku UMKM dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas usahanya, namun dengan harga yang terjangkau, dan nantinya diminati masyarakat,” jelasnya.

Anton memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pelaku UMKM dalam berpartisipasi mengikuti bazar.

Pertama, perhatikan lokasi dan ketentuan beserta persyaratan yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Kedua, siapkan sampel produk agar pengunjung dapat mencoba produk yang ditawarkan.

Ketiga, buatlah promosi atau potongan harga untuk menarik pembeli.

“Tujuan utama mengikuti bazar atau pameran adalah pengenalan produk, bukan untuk mengejar target penjualan. Maka ikut Bazar akan mencapai pada sasaran,” tuntas Anton Haryadi.

Related posts