BBM Jenis Premium di Jawa, Madura, dan Bali Akan Dihapus 2021

  • Whatsapp
Foto ilustrasi, (sumber SCTV)
banner 468x60

Jakarta, Transportasinews.com – Pemerintah tengah mrmatangkan rencana penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium secara bertahap mulai 1 Januari 2021, khususnya di Pulau Jawa, Madura, dan Bali.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) MR Karliansyah, mengatalan rencana penghapusan bertahap itu akan dimulai dari wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali). Setelah itu baru menyusul secara bertahap pulau lain di seluruh Indonesia.

Read More

banner 300250

“Direktur Operasi Pertamina menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali khususnya itu akan dihilangkan. Kemudian menyusul kota-kota lainnya di Indonesia,” kata Karliansyah dalam sebuah webinar pertengajan November 2020.

Hanya saja ia mengakui, implementasi kebijakan penghapusan BBM Premium tergantung pada sejauh mana kesedihan bahan bakar ramah lingkungan di masyarakat.

Terlebih saat ini masyarakat masih sangat doyan pakai premium meskipun katanya tingkat pencemarannya sangat tinggi.

Hal ini bisa terlacak dari data penjualan bensin, yang menunjukkan angka penjualan Premium dan Pertalite dengan RON di bawah 91 masih sangat tinggi. Bahkan 50 persen penjualan BBM adalah jenis Premium dengan RON 88.

Sedangkan pemerintah telah berkomitmen untuk mengendalikan pencemaran dari kendaraan bermotor, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N, dan Kategori.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60