Beri Izin Apartemen Formosa Residence, Walikota Batam Digugat ke PTUN

Batam, LiraNews — Walikota Batam dan Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Batam digugat PT. Batama Nusa Permai ke PTUN Tanjungpinang.

Gugatan tersebut perihal pembangunan apartemen Formosa Residence, hunian vertikal yang dinilai telah menyalahi aturan dalam Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang di keluarkan pemko Batam melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Lokasi apartemen milik pengusaha Yap Hau ini berdiri bersampiran langsung dengan aliran sungai.

Nur Wafiq Warodat, SH penasehat hukum PT Batama Nusa Permai mengatakan, objek gugatan PTUN adalah keputusan No. KPTS.636/IMB/BPMPTSP-BTM/XI/2016 tanggal 10 November 2016 tentang IMB Apartement Formosa Residence atas nama Arif Budiman Djamong .

“Alasan subjektifnya, karena IMB itu memuat adanya jembatan melintas diatas kanal primer menuju jalan pada lingkungan komplek Nagoya Citywalk yang dikembangkan oleh klien kami,” tukas Nur Wafiq, seperti dilansir beritabatam.co.

Nur Wafiq menegaskan, jalan Komplek Nagoya Citywalk adalah jalan khusus yang dibangun klien kami diatas PL untuk antisipasi kebutuhan akses jalan bagi penghuni apartemen Citra Plaza Nagoya yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan, tambahnya.

“Alasan umumnya, pembangunan apartemen Formosa Residence diatas sempadan sungai bertentangan dengan Perda Batam No. 4 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” ucapnya.

“Kami hanya mempersoalkan IMB karena selama ini pihak pengembang apartemen Formosa Residence berupaya menerobos lokasi dan memanfaatkan fasilitas jalan pada Komplek Nagoya Citywalk. Dengan alasan telah ada IMB. sehingga dalam persidangan TUN tersebut objek sengketa adalah IMB bukan bangunan fisik gedungnya,” jelasnya.

Nur Wafiq mengaku, pernah melayangkan teguran tertulis kepada PT. Artha Utama Propertindo sebagai pengembang apartemen Formosa Residence.

“Isinya keberatan atas pembukaan akses jembatan menuju lingkungan komplek Nagoya Citywalk. Namun somasi itu tidak diindahkan sehingga sengketa tersebut bergulir ke PTUN,” ujar Nur.

Apartemen Formosa Residence, hunian vertikal dipusat bisnis Nagoya Batam. Dibangun menjulang 36 lantai persis dibelakang komplek pertokoan Lucky Plasa.

Rencananya, apartemen milik PT. Artha Utama Propertindo itu akan di resmikan pada medio tahun 2020 mendatang. LN-RED

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *