Berita Hoaks, Menyebabkan Perpecahan Dengan Masyarakat (MOI)

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta(Liranews.com)Beberapa pengurus Dewan Pimpinan Cabang Media Online Indonesia (DPC-MOI) Kepulauan Meranti ikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama di Jakarta. Pada Kamis di Kalibata, Jakarta Selatan (21/11/2019).

Ketua DPC MOI Kepulauan Meranti, Defriyanto mengatakan pihaknya sangat mendukung giat Rakernas DPP Perkumpulan Media Online Indonesia yang mendeklarasikan seminar “Indonesia kuat tanpa hoaks radikalisme dan intoleransi”.

Dikatakannya, peran media dan civil society sangat besar dalam memerangi berita bohong (hoaks). Mengingat, era digital yang kini kian diminati publik.

“Deklarasi ini sangat bermanfaat untuk diikuti, guna menepis radikalisme dan intoleransi,” bebernya, Kamis (21/11/2019) di Gedung Konvention Hall Kemensos Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Perkumpulan Media Online Indonesia Rudi Sembiring mengatakan saat ini sebanyak 365 perusahaan medua telah tergabung di MOI seluruh Indonesia. Hal itu diyakininya, pada akhir tahun mendatang target 1000 media akan tercapai.

Namun ia tidak menepis media siber diseluruh Indonesia berjumlah 43 ribu akan perlahan dirangkul Organisasi Media Online Indonesia.

Kita tentunya sangat membuka diri terkait itu, sesuai kesepatakan kita dengan Dewan Pers kita akan mendorong agar media online yang belum terverifikasi bisa terdaftar.

Terlebih lagi, ujar Rudi Media Online Indonesia kini menjadi wadah terdepan yang sukses menjalin MoU dengan PWI guna menfasilitasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Dalam waktu dekat 31 DPW MOI yang di Provinsi akan bekerjasama dengan PWI guna menggelar UKW,” ujarnya

Rudi mengatakan, bahwa “dirinya sempat memberikan peluang kepada seluruh wartawan yang berminat mendirikan perusahaan pers. Artinya, MOI akan membantu 50% pembiayaan penerbitan badan hukum dan lainnya.

DPP MOI tetap konsisten memberikan kemudahan kepada wartawan yang berminat mendirikan perusahaan pers. Mendorong yang dibilang media abal-abal menjadi media bukan kaleng-kaleng.
Menurut Ketum DPP MOI Ketum Rudi Sembiring,
Jangan sekali – kali menyebarkan berita hoaks, terhadap masyarakat menyebabkan mengalami perpecahan dengan masyarakat.(Bbg)

Thu Nov 21 , 2019
Jakarta. LiraNews –  Sebanyak enam polres mendapatkan predikat pelayanan prima pada hasil evaluasi pelayanan publik 2019. Keenam polres tersebut yakni Polresta Sidoarjo, Polres Banyuwangi, Polrestabes Surabaya, Polres Cirebon, Polres Tuban dan Polres Malang. Sementara sebanyak 33 Polres berpredikat sangat baik atau A. “Dalam mewujudkan pelayanan masyarakat khususnya dalam lingkup kepolisian, […]