Berpotensi Tsunami, BMKG Ingatkan Masyarakat Jauhi Pantai

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jakarta, LiraNews — Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan, masyarakat Banten yang berada di dekat pesisir pantai untuk mencari tempat yang lebih tinggi.

Tsunami berpotensi terjadi pascagempa 7,4 skala richter (SR) di barat daya Sumur-Banten.

“Kami mengimbau menjauh dari pantai dan juga mencari tempat tinggi karena berpotensi tsunami,” ujar Dwikorita, Jumat malam (2/8/2019).

Imbauan tersebut, jelasnya, dikhususkan bagi masyarakat yang berada di wilayah pantai barat mulai dari Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, hingga Bengkulu.

“Selain itu, masyarakat di sekitar Pantai Selatan Jawa dan Banten juga diminta mengevakuasi diri karena potensi tsunami,” imbuhnya.

Berdasarkan analisis BMKG, tsunami berpotensi terjadi dengan ketinggian 50 sentimeter (cm) di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Meski relatif kecil, ungkap Dwikorita, ketinggian tersebut bisa semakin tinggi di wilayah lain khususnya daerah teluk.

“Sehingga lebih aman untuk tetap mencari tempat tinggi,” katanya.

Dia juga mengingatkan, untuk masyarakat di Jakarta dan sekitarnya, untuk tidak panik. “Mengantisipasi potensi gempa susulan, masyarakat mencari tempat terbuka,” ujarnya.

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) melanda Banten. Fenomena ini berpotensi menyebabkan tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa terjadi pukul 19.03 WIB, Jumat, 2 Agustus 2019.

Titik gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 BT atau 147 km barat daya Banten di kedalaman 10 km.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, getaran terasa keras di DKI Jakarta. LN-RED

Fri Aug 2 , 2019
Jakarta, LiraNews —  Hari Jumat, 02 Agustus 2019 pukul 19.03.21 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan M=7,4. Episenter terletak pada koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT tepatnya di laut pada kedalaman 10 km. Gempa ini berpotensi tsunami dengan peringatan dini […]