BNN Gelar Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat bersama Ormas

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Direktorat Peran Serta Masyarakat BNN, adakan Rapat Kerja program pemberdayaan masyarakat anti narkoba bersama lingkungan masyarakat, di Swiss-Bel Residence Hotel Jakarta Rabu, (19/2/2020).

Direktur PSM BNN Brigjendpol, Drs. Moh Jupri, MM dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa BNN butuh peran serta masyarakat dalam melakukan pencegahan peredaran gelap Narkoba di Indonesia.

“Seperti yang telah disampaikan Presiden Jokowi, bahwa Indonesia darurat Narkoba. Maka BNN akan terus mengaktifkan peran P4GN untuk terjun di masyarakat,” ujar Jupri.

Brigjend Jupri menambahkan, bahwa berdasar hasil penelitian BNN dan LIPI pada Tahun 2019 kelompok pelajar dan mahasiswa yg terlibat sebagai pemakai Narkoba sebesar 3,2% = 2,2jt, Pekerja 2,1%= 1,5jt jadi cukup besar. Terdapat 654 lokasi rawan Narkoba, 899 Narkoba jenis baru dan yang terdeteksi masuk ke Indonesia sebesar 76 jenis..

“Saat ini BNN telah memiliki 15.000 penggiat P4GN dan pada Tahun 2020 ini akan mengadakan rekruitment penggiat P4GN yang memiliki daya juang tinggi untuk gerakan pencegahan Narkoba, dan akan difokuskan di daerah-daerah se Indonesia,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut dari beberapa ORMAS dan Organisasi Keagamaan mitra BNN seperti NU, Muhammadiyah, Dewan Masjid Indonesia, Walubi, PORGAKI LSM LIRA, GIAN, KAMI, GANI, IKADI, PII, PGI, OI Iwan Fals, IPNU, GPII SCI, PWI, IMBI, IMANI, PHDI dan beberapa organisasi lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yayasan PORGAKI (Pembinaan dan Pengembangan Olah Raga Anak Indonesia) merupakan lembaga yang selama ini mengembangkan pembinaan olahraga sepakbola bekerjasama dengan perusahaan mengadakan kompetisi sepakbola seperti Liga Extra Joss, Liga Sampo LifeBoy, Liga Campina, Piala Danone, Ligana Milo, Yamaha Championship dan bahkan mengirimkan tim sepakbola anak ke Kanga Cup di Australia dan Asean Children Football Festival.

Menurut Sekretaris PORGAKI, Irham Maulidy, sebagai mitra BNN, PORGAKI Fokus Melawan Narkoba melalui olahraga Untuk pengawasan membangun aliansi strategis dengan NGO LSM LIRA dengan jaringannya.

Program tersebut dilaksanakan melalui (1) Turnamen berjenjang yang melibatkan Sekolah, Masyarakat, Orangtua, Pendidik dan Perusahaan Sponsor maupun Pemerintah Pusat dan Daerah dengan persyaratan para peserta harus lolos uji Narkoba. (2) Coaching Clinic Bola ke Sekolah, SSB, Desa/kelurahan dll yang melibatkan orang tua. Dengan tema “membangun prestasi olahraga anak tanpa narkoba”.

“Untuk menjalankan Programnya itu Kedepan PORGAKI akan kerjasama PSSI, Pengda, Klub Sekolah Sepakbola dan Menpora. Payung Programnya adalah “Raih Prestasi Tanpa Narkoba” pencegahan peredaran gelap Narkoba yang selama ini,” ujar Irham. LN-IM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60