Bus Terjepit Di Terowongan, Anies Akan Berikan Sanksi Kepada Supir

  • Whatsapp
banner 468x60

LiraNews, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera membuat aturan khusus untuk operator bus yang memperbolehkan penumpang duduk di atas bus.

“Nanti kita akan bikin aturan khusus supaya sopir-sopir yang bertanggungjawab tidak boleh membawa orang di atas,” ujar Anies di rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Peraturan tersebut, terangnya, nantinya mengatur sanksi-sanksi tegas kepada pengendara yang terbukti melanggar.

Namun, ia belum bisa memastikan apakah aturan tersebut dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) atau Peraturan Daerah (Perda).

Ia berjanji setelah Lebaran ini akan mulai mengkaji aturan tersebut. Terlebih, tindakan-tindakan seperti ini juga masih marak terjadi di perayaan hari-hari besar.

Menurut Anies, semestinya supir bus TransJabodetabek tersebut mendapat sanksi, karena tindakannya dengan memperbolehkan anak-anak itu naik ke atap berisiko tinggi.

“Itu tidak boleh sebetulnya, dan itu harus ada sanksi bagi sopir yang membiarkan atap kendaraannya digunakan untuk duduk dan berdiri, karena seharusnya dia tidak ada di situ. Jadi sanksinya adalah ke pengendali kendaraan yakni sopir,” terangnya.

Sebagaimana tersebar di medsos, Video segerombolan bocah dan remaja yang duduk-duduk di atap bus TransJabodetabek lalu terjepit di kolong underpass Tanah Abang saat malam takbiran. Akibatnya, bus terpaksa harus berhenti agar anak-anak itu turun.

Kejadian ini diabadikan oleh seorang netizen bernama Febri Putri Kristiani. Kepada kumparan, Febri mengungkapkan kejadian itu diabadikan pada Selasa (4/6) sepanjang Stasiun Karet hingga Tanah Abang sekitar 21.33 WIB.

“Pokoknya dari Stasiun Karet itu sudah banyak yang naik-naik di atas bus bahkan truk ada juga,” kata Febri.  **

banner 300x250

Related posts

banner 468x60