Cari Korban Longsor, Polda Turunkan Anjing Pelacak

Padang, LiraNews — Guna mempercepat dan efektifitas upaya pencarian korban longsor di Jorong Guguk, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman akibat gempa berkekuatan 6,2 SR pekan lalu, pihak Polda Sumbar menurunkan anjing pelacak.

Kabidhumas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, disamping polda Sumbar menurunkan personel dari Ditsamapta Polda Sumbar dan Satbrimob Polda Sumbar, juga diturunkan anjing pelacak dari unit K-9, kata Kabidhumas kepada wartawan Senin (28/2/2022).

Diterjunkannya anjing pelacak ini, Ia berharap semoga korban dengan cepat dapat ditemukan.

Satake juga menyebutkan, tim Polda Sumbar tergabung dalam Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas dan instansi masyarakat serta relawan lainnya.

“Petugas melakukan pencarian korban yang hilang. Diduga tertimbun longsor yang dipicu karena gempa pada Jumat lalu,” katanya.

Disisi lain yang bersangkutan juga mengimbau, agar masyarakat di lokasi gempa baik di Pasaman dan Pasaman Barat tidak melakukan penghadangan kendaraan bantuan.

“Biar nanti bantuan tersebut dibagikan oleh petugas terutama kepada yang belum menerima,” katanya.

Ia menambahkan, ia meminta pihak Jorong berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk mengambil bantuan.

Kendati menurut Satake pihaknya belum mendengar adanya laporan terkait peristiwa penghadangan kendaraan bantuan di lokasi terdampak gempa.

Selain bantuan material kebutuhan pokok para korban, Polda Sumbar juga menurunkan Tim Trauma Healing.

“Tim trauma healing sedang berjalan, dengan skala prioritas anak-anak dulu,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa kepada wartawan, Minggu (27/2/2022).

Secara umum, lanjutnya, belum bisa dilakukan secara kolektif. Hal ini dikarenakan fasilitas yang ada terbatas, seperti tenda-tenda pengungsian yang masih di tenda darurat.

“Sedangkan untuk trauma healing harus di tempat-tempat yang layak, yang membuat suasana psikologi nyaman,” ujarnya. LN-MAN

Related posts