Coklat Biji Karet, Produk Unggulan UMKM Jember

Jember, LiraNews –Salah satu produk UMKM di desa Rambigundam kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember pada Sabtu (27/7/2019), mendapat kunjungan rombongan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dari Pemkab Kota Wariswan Barat Kalimantan Tengah.

Mereka tertarik ketika berdiskusi dg Heri Purnomo selaku pembina UMKM JEKA Jember Ekonomi Kreatif.

“Di tempat kami banyak biji karet, dan tdk dimanfaatkan bahkan sampai tumbuh sendiri dan dibabat,” celetuk Suroso, perwakilan dari Kalteng tersebut.

Menurutnya, ternyata enak juga biji karet ketika di olah bisa seperti kacang atau mete.

Mereka pun bersama sama melihat proses pembuatan Coklat biji Karet produksi UMKM binaan JEKA tersebut
Ibu farida pemilik produk Coklat biji Karet dengan bangga menceritakan proses produksi sampai dengan pengemasan.

Disamping Coklat biji karet, produk lainnya adalah coklat kopi, coklat makaroni,coklat mete, coklat buah dsb, tetapi yang menarik minat Rombongan tetap Coklat biji Karet.

“Kami tidak menyangka bahwa biji karet bisa diolah dan mempunyai nilai ekonomis, sedangkan ditempat kami biji karet banyak dan tidak pernah dimanfaatkan,” katanya.

Akhirnya Semua anggota Rombongan memborong coklat biji karet, bahkan sampai kehabisan stok. Mereka pun mencoba coklat lain seperti coklat kopi.

“Kami berharap coklat biji karet bisa menjadi produk unggulan Jember dan mendapat sentuhan langsung dari Pemerintah Kabupaten Jember,” pungkas Heri Purnomo, Ketua JEKA.

Karena disamping mempunyai nilai ekonomis, kegiatan UMKM ini bisa menyerap tenaga kerja ibu ibu remaja putri di sekitar rumah bu Farida selaku pemilik brand coklat AFA dengan produk unggulan saat ini coklat biji Karet. LN-JON