Dandim 1708/BN Dorong Generasi Muda Biak Peduli Lingkungan di Talk Show Millenial Explosion 2024

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han menjadi narasumber dalam kegiatan talk show di Event Millenial Explosion 2024, yang digelar di Nirmala Beach Hotel, Biak Numfor, Jumat (28/6/2024). (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Biak, LiraNews – Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han, menjadi narasumber dalam kegiatan Talk Show dalam rangka Event Millenial Explosion 2024, yang diselenggarakan di Nirmala Beach Hotel, Kampung Samau, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Jumat (28/6/2024).

Acara ini digelar untuk mengangkat kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan generasi muda Biak.
Talk Show yang dipandu oleh reporter RRI Biak Tri Rian mengangkat topik penting tentang “Implementasi Kegiatan Peduli Lingkungan Dalam rangka Menumbuhkan Sikap Kedisiplinan Dan Wawasan Nusantara Generasi Biak Keren (Karakter, Kreatif, dan Inovatif)“.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han menyampaikan pandangannya tentang bagaimana implementasi kepedulian lingkungan dapat dilakukan secara praktis.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han menjadi narasumber dan ditanya reporter RRI Biak Tri Rian pada talk show Event Millenial Explosion 2024 . (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Ia menekankan pentingnya memberikan contoh nyata dalam kegiatan peduli lingkungan, yang telah dilakukan bersama komunitas, paguyuban, pemerintah daerah (pemda), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan seluruh lapisan masyarakat.

“Dari implementasi ini, kami melakukan edukasi kepada sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA dan SMK di Kabupaten Biak Numfor,“ ujarnya.

Dandim juga menambahkan bahwa kolaborasi dengan berbagai pihak sangat penting dalam menjalankan kegiatan ini.

“Kami bekerjasama dengan sekolah, komunitas, paguyuban, dan pemda untuk bersama-sama melakukan kegiatan ini. Kepedulian lingkungan tidak bisa dilakukan secara mandiri, kita harus berkolaborasi dan bergerak bersama,“ jelasnya.

Melalui kegiatan implementasi ini, Dandim berharap dapat menumbuhkan sikap kepedulian dan disiplin di kalangan generasi muda. Sikap disiplin tidak mudah, kita harus konsisten dan memiliki tanggung jawab penuh untuk menerapkan kepedulian lingkungan. Kami memberikan contoh-contoh praktis dan aksi nyata di lapangan bersama-sama dengan komunitas,“ katanya.

Dandim 1708/BN Letkol Inf Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han foto bersama Ketua Trash Hero Biak Jack Rumbekwan dan anak-anak Trash Heri Kids. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

Selain itu, Dandim menekankan pentingnya meningkatkan wawasan Nusantara melalui kepedulian terhadap lingkungan.

Menurutnya, Kabupaten Biak Numfor yang unik dengan daratan dan lautan harus dijaga dengan baik, terutama dari ancaman sampah plastik.

Dandim 1708/BN Letkol Int Marsen Sinaga, S.Hub.Int., M.Han foto bersama. (Foto: Penerangan Kodim 1708/BN)

“Sampah plastik menjadi perhatian baik dunia maupun nasional, bahkan di Papua. Kami berinovasi dalam implementasi kepedulian lingkungan, seperti kegiatan grebek sampah dan penyediaan depot botol plastik,“ ungkapnya.

Dandim juga mengapresiasi berbagai komunitas yang sudah peduli terhadap lingkungan.

“Kita ketahui, kita sudah tujuh kabupaten ini mendapatkan piala Adipura sebagai kota kecil terbersih di Indonesia. Ini harus kita jaga dan semua harus bertanggungjawab. Anak-anak muda millenial harus diajarkan sejak dini agar dapat meneruskan dan meningkatkan apa yang sudah dilakukan,“ tambahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda Biak dapat menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan berperan aktif dalam melestarikan alam sekitar mereka. Millenial Explosion 2024 menjadi momentum penting untuk menumbuhkan karakter, kreativitas, dan inovasi di kalangan generasi muda, demi masa depan Biak yang lebih bersih dan berkelanjutan,“ pungkas Dandim.LN_Penerangan Kodim 1708/BN

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *