Dankolatmar Resmi Buka Kursus Danyon dan Sisbinlat Kormar TA. 2019

Surabaya, LiraNews – Komandan Komando Latih Korps Marinir (Dankolatmar) Kolonel Marinir Suliono, S.E. resmi membuka Kursus Komandan Batalyon (Susdanyon) dan Kursus Sistem Pembinaan Latihan Korps Marinir Ta. 2019 (Sussisbinlat) di Lapangan Apel Puslatpasrat Gunungsari Surabaya, Senin (25/11/2019).

Selaku Inspektur Upacara dalam pembukaan kursus adalah Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. Personil upacara terdiri dari 1 SST peserta kursus Komandan Batalyon, 1 SST peserta kursus Sistem Pembinaan Latihan Korps Marinir Ta. 2019, 1 SST dari Pelatih Puslatpasrat dan 1 SST depotasi gabungan Mako Kima dan Puslatpurmar-3 Grati. Kursus Komandan Batalyon dan kursu Sistim Pembinaan Latihan Kormar Ta. 2019 tersebut rencananya akan berlangsung selama 1 bulan yang diikuti oleh 35 peserta kursus, terdiri dari 15 pers peserta Kursus Komandan Batalyon dan 20 pers Kursus sistim Pembinaan Latihan Kormar Ta. 2019, sebagai Palaksus dalam kursus tersebut adalah Komandan Puslatpasrat Letnan Kolonel Marinir Budi Atmuko.

Dalam amanatnya Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E., menyampaikan Kursus Komandan Batalyon bertujuan membekali para Perwira Korps Marinir dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang tugas pokok dan fungsi Komandan Batalyon Marinir.

Peserta akan diberikan materi secara teori maupun praktek lapangan dengan sasaran memahami dan mampu melaksanakan tugas Komandan Batalyon, bidang staf, keangkuman, penyelenggaraan dan pembinaan latihan, pembinaan personel serta mampu merencanakan kegiatan operasi tempur satuan Batalyon. Kursus Sistem Pembinaan Latihan Korps Marinir bertujuan membekali para perwira dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan staf penyelenggara latihan Korps Marinir.

Peserta akan dibekali ilmu pengetahuan tentang manajemen latihan, perencanaan latihan, pengetahuan tentang beberapa jenis operasi gabungan TNI serta materi pendukung lainnya. Sasaran kursus para peserta memahami dan mampu melaksanakan tugas sebagai staf perencana latihan di satuan serta memahami tugas-tugas staf latihan.
Kedua kursus tersebut adalah salah satu bentuk upaya Korps Marinir dalam peningkatan kualitas SDM prajurit marinir.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dinamis dan sangat cepat menuntut semua organisasi termasuk Korps Marinir untuk mampu beradaptasi dan mampu mengikutinya. Kemajuan teknologi, informasi, transportasi dan juga alutsista membawa dampak pada perubahan Doktrin, Strategi dan Taktik Pertempuran termasuk model perang saat ini dan akan datang.

Menyikapi hal tersebut Korps Marinir akan terus menerus berbenah baik secara struktural maupun kultural.. Tugas pokok yang semakin luas dan kompleks menuntut SDM prajurit Korps Marinir yang berkualitas, profesional, serta memiliki integritas yang baik sehingga Korps Marinir mampu melaksanakan tugas pokoknya secara optimal.

Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. beharap para peserta Kursus dapat memanfaatkan waktu yang singkat untuk belajar dengan serius dan sungguh-sungguh serta dlsiplin tinggi agar dapat memahami dan menyerap semua materi kursus yang diberikan.

“Bila ada materi kursus yang belum dimengerti dan difahami tanyakan dan diskusikan dengan para instruktur agar tidak ada satupun materi kursus yang tldak dipahami,” ujarnya.

Tidak lupa Dankolatmar berpesan kepada Komandan Puslatpasrat Letnan Kolonel Marinir Budi Atmuko selaku Palaksus beserta para pelatih dan para instruktur supaya : “menyeelenggarakan kursus ini dengan baik dan maksimal, rumuskan cara-cara atau metode mengajar yang terbaik agar para peserta kursus benar-benar bisa menyerap serta memahami semua materi kursus yang diberikan sehingga mampu mengaplikasikannya di kesatuan tempat bertugas”.

Turut hadir dalam Upacara pembukaan Kursus Komadan Batalyon dan Kursus Sistem Pembinaan Latihan Korps Marinir Ta. 2019 tersebut antara lain Aspers Pasmar 2 yang di wakili Letkol Marinir Supriyadi, Para Perwira Staf Kolatmar, Paspers Brigif 2 Letkol Marinir Muji Burahman, Paspers Menart 2 Letkol Marinir Agus Suprapto, Paspers Menkav 2 Letkol Marinir Soegeng, Paspers Menbanpur 2 Letkol Marinir Budi Setyarso, Komandan Puslatpasrat Letkol Marinir Budi Atmuko dan Komandan Puslatsus yang diwakili Mayor Marinir Tendy serta Seluruh Pamen Puslatpasrat. Laporan: Nurkenda