Diah Pitaloka: Pancasila Tidak Bertentangan dengan Agama Manapun

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Kegaduhan kembali menyeruak di sosial media saat muncul berita terkait ucapan Kepala Badan Pengkajian Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang menyebut musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka menyatakan, dirinya tidak sependapat dengan pernyataan tersebut.

“Pancasila itu diilhami oleh nilai-nilai spiritualitas, karena masyarakat kita adalah masyarakat yang religius, masyarakat yang beragama. Untuk itulah Undang-Undang Dasar kita menjamin praktek beragama kita,” katanya.

Diah juga menyayangkan, jika masih ada upaya mempertentangkan agama dengan Pancasila.

“Tidak tepat itu. Agama dan Pancasila kok dipertentangkan. Jangan buat opini semacam itu. Pancasila melindungi semua warga negara untuk menjalankan kepercayaannya,” tambahnya.

Politisi PDIP tersebut juga menghimbau, semua pihak tidak larut dalam polemik ini.

“Jangan mau dimanfaatkan oleh para pembonceng deh. Kita semua jaga Pancasila sebagai dasar & falsafah negara.

Diah menyarankan, sebagai sesama anak bangsa jangan mau dipecah-belah, karena polemik seperti ini pasti akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mengganti ideologi Pancasila.

“Jangan sampai polemik begini dimanfaatkan oleh mereka yang mau ganti dasar negara, karena mereka suka kalau kita terpecah belah,” pungkas anggota DPR RI asal Dapil Jabar 3 tersebut. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60