Diduga Korupsi Proyek E-Ktp, Jin Laporkan Ketua Kpk Ke Kejagung

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

Jakarta, LiraNews.com –  Sekelompok masyarakat yang menamakan Jaringan Islam Nusantara (JIN) melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahadjo ke Kejaksaan Agung (Kejagung) di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

JIN menuding Agus terlibat kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan Karta Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), saat dirinya masih menjabat sebagai Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Koordinator JIN Razikin mejelaskan, dugaan keterlibatan Agus dalam dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP terlihat dari sejumlah berkas surat LKPP ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2010.

“Kami menemukan alat bukti 11 eksemplar surat-menyurat Agus menggiring konsorsium untuk memenangkan tender e-KTP. Dari surat menyurat itu ada pernyataan Gamawan Fauzi yang bilang Agus terlibat,” ujar Razikin di Jakarta, Rabu.

Saat itu, ungkapnya, Menteri Dalam Negeri saat itu, Gamawan Fauzi menyatakan Agus terlibat dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun tersebut. 

Dari berkas-berkas surat menyurat LKPP dari tahun 2010 kepada Kemendagri, terangnya, Agus terlibat aktif, baik secara pribadi ataupun Ketua LKPP dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Menurutnya, pernyataan Gamawan itu merupakan bukti kuat terkait keterlibatan Agus dan tidak bisa dipandang remeh.

“Tidak bisa dipandang sepele. Tentu seorang mantan menteri bilang begitu, pasti ada bukti kuat itu,” kata Razikin. LN-AZA

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Wed Sep 6 , 2017
LiraNews.Com