Diduga Salah Gunakan BBM Bersubsidi, LSM LIRA Halsel Akan Tindak ke Jalur Hukum

  • Whatsapp
banner 468x60

Halsel, LiraNews – Dugaan penyalahgunaan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi oleh Agen Premium dan Minyak Solar di daerah kabupaten Halmahera Selatan Propinsi Maluku Utara dalam waktu dekat akan di tindak keranah hukum oleh DPD LSM LIRA Halsel.

Pembina DPD LSM LIRA Kabupaten Halmahera Selatan, Said Alkatiri kepada liranews.com pada Jum’at, (29/05/2020) mengatakan, bahwa hasil investigasi yang dilakukan oleh LSM LIRA Kabupaten Halmahera Selatan terhadap dugaan penyaluran BBM bersubsidi dijual di atas harga Harga Eceran Tertinggi (HET),

Hal ini membuat diri nya geram, dan akan menyikapi serius dengan adanya dugaan menyalagunakan BBM bersubsidi tersebut.

“Kami menyikapi kasus ini dengan serius, ini tidak main-main, kasihan masyarakat kita di kabupaten Halmahera Selatan yang seharusnya menikmati BBM bersubsidi dijual dengan harga per HET, Rp 3.500, sesuai surat keputusan Bupati Halsel Nomor 126 tahun 2008,” ucapnya.

Menyikapi semua itu, kata Said, beberapa hari kemarin lebih fokus pengumpulan bukti-bukti data yang sekarang semuanya sudah rampung ditangannya. “Sehingga, persoalan ini akan kami tindak keranah hukum,” katanya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang diterima, sejak ijin dikeluarkan, Pertamina menyuplai BBM secara langsung ke APMS PT Babang Raya di kabupaten Halmahera Selatan. Namun harga BBM yang dijual di tiap Pangkalan masih tergolong tinggi pada kisaran harga Rp 5000- 8000 khususnya di wilayah Kecamatan Bacan.

Pengelola APMS diduga menjual BBM secara langsung ke tengkulak dengan harga diatas standar HET. Hal itu menyebabkan harga BBM bersubsidi di kabupaten Halmahera Selatan melambung tinggi karena masyarakat harus membeli BBM ke tengkulak dengan harga yang lebih tinggi pula.

Seharusnya BBM yang dijual di wilayah Kecamatan Bacan ini sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), sebab APMS ini tidak dibebani biaya transportasi dari daratan hingga ke pesisir.tuturnya.

Selanjutnya Bib Idu biasa disapa,menambahkan, bahwa dirinya sangat berterima kasih serta memberikan apresiasi terhadap PT Sinergi dharma Negri (SDN) yang kehadirannya telah membantu masyarakat pengguna BBM bersubsidi yang di jual dengan harga HET, sesuai dengan surat Keputusan Bupati Halsel Nomor 126 Tahun 2008.

“Kami berharap agar penyaluran BBM bersubsidi ini dapat dirasakan manfaat nya oleh masyarakat di desa-desa di wilayah pesisir Kabupaten Halmahera Selatan,” cetusnya. LN-NK

banner 300x250

Related posts

banner 468x60