Diduga Tampung Solar Curian. LSM LIRA Desak APH Tutup Gudang Botot 

  • Whatsapp
banner 468x60

Simalungun, LiraNews – Gudang Botot yang terletak di Perluasan Kampung Jawa milik Dodot diduga menampung bahan bakar solar curian yang berasal dari perusahaan yang berada di kawasan KEK Sei Mangkei.

Hal tersebut terjadi pada tanggal 19 Maret 2020 sekira pukul 16;17 Wib terlihat pada saat itu parkir didepan gudang Botot tersebut 1 unit mobil Pick Up seperti L300 yang membawa bahan bakar solar. Tampak bersamaan mobil Avanza berwarna merah mengiringinya.

Selanjutnya mobil Pick Up tersebut terlihat sedang menurunkan bahan bakar solar dengan memakai selang ke dalam jerigen berwarna biru.

Saat sedang melakukan transaksi tersebut salah satu narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya SN dengan menegur dan menanyakan kepada sipembawa bahan bakar solar tersebut apakah hal ini tidak bertentangan dengan hukum?
jawabnya mereka,”Ini tidak ada masalah dan resmi tidak ilegal.”

Bupati LSM Lira Kab. Simalungun Hotman Petrus Simbolon, memaparkan bahwa berdasarkan Undangan-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas dan Peraturan tentang perindustrian bahwa untuk pembelian bahan bakar solar dalam jumlah besar yang digunakan untuk industri harus mendapatkan persetujuan dari Dinas Perindustrian.

“Penjualan yang dilakukan oknum yang bekerja di kawasan KEK Sei Mangkei kepada Gudang Botot milik Dodot ini diduga bahan bakar solar curian. Saya sangat mengecam keras perbuatan yang bertentangan dengan hukum,” tegas Hotma Petrus Simbolon.

Untuk itu Hotman mendesak kepada Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mengusut tuntas kebenarannya dan melihat keabsyahan legalitas Perizinan Usaha gudang botot tersebut.

Gudang ini terletak diperumahan padat penduduk dan situasi jalan sangat sempit mereka memarkirkan mobilnya sembarangan sehingga sangat mengganggu pengguna jalan lainnya.

“Saya minta Dinas Perhubungan Simalungun melakukan penertiban. Masyarakat sekitar jugamenilai dugaan pihak pemerintah bermain sehingga tidak adanya penindakan penertiban,” kata Hotman. LS-Al

banner 300x250

Related posts

banner 468x60