Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Serahkan Bantuan Bibit dan Pupuk Kepada Kelompok Tani

  • Whatsapp
banner 468x60

Pekanbaru, LiraNews – Sebagai upaya pengentasan daerah rentan rawan pangan sekaligus mempertahankan wilayah yang statusnya sudah tahan pangan agar tetap tahan pangan, antara lain dengan mengoptimalkan dan memberdayakan keluarga petani agar terlibat dalam pemantapan ketahanan pangan terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam rangka terbentuknya Kawasan Mandiri Pangan untuk peningkatan ketahanan pangan di Kelurahan, perwujudan tersebut diterjemahkan oleh Disketapang Pekanbaru melalui kegiatan Pengembangan Kawasan Mandiri Pangan berupa pemberian bibit, pupuk dan bantuan penunjang lainnya.

Read More

banner 300250

Rabu (23/9/2020) pagi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, SP, M.Si beserta tim memberikan langsung Belanja Bahan/ Bibit Tanaman dan bantuan penunjang lainnya seperti tanah hitam, polybag dan perlengkapan lainnya. Giat pagi ini Kadis Ketapang didampingi oleh Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Koordinator Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian Kulim beserta beberapa Pejabat Pengawas dilingkungan Disketapang Pekanbaru.

“Program kegiatan pengembangan kawasan mandiri pangan untuk ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini menjadi salah satu program unggulan Disketapang dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Bentuknya adalah bantuan bibit dan pupuk seperti saat ini,” ungkap Alek dihadapan kelompok tani yang antusias menerima kedatangan Kadis dan tim.

“Bantuan yang diberikan terdiri dari bibit tanaman pangan, pupuk dan perlengkapan penunjang lainnya yang diharapkan bisa membantu para petani dalam peningkatan ketahanan pangan, syukur-syukur dapat menambah penghasilan,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Diseketapang belum dapat memenuhi semua harapan kelompok tani yang ada, setidaknya stimulus ini bisa mengurangi beban petani dalam masa pandemi ini dalam produktivitas bertani.

“Tetap semangat dan berkarya. Kalau ditelisik; sebenarnya petani ini yang paling aman dalam bekerja karena lahan yang luas dan cuma satu sampai tiga orang saja dibutuhkan saat penanaman, bukankah ini merupakan prinsip prinsip dalam penerapan protokol kesehatan dalam masa pandemik ini,” pungkasnya.

Kegiatan pagi ini merupakan penyerahan simbolis bantuan pada Program Ketersediaan dan Kerawanan Pangan kegiatan Kawasan Mandiri Pangan tahun anggaran 2020 bertempat di Lokasi Kelompok Tani Cendana Jaya Bersama, Jl. Kapau Sari IX Kelurahan Pematang Kapau Kecamatan Tenayan Raya.

Peluang untuk budidaya lahan produktif di Pekanbaru masih bisa dioptimalkan. LN-ADRI

banner 300x250

Related posts

banner 468x60