Dinilai Cacat Prosedural, Hasil Pilkades Desa Hulo Digugat Empat Cakades

Gravatar Image
  • Whatsapp

Bone, LiraNews – Empat calon kepala desa (Cakades) Hulo, Kecamatan Kaha, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggugat hasil putusan Pilkades, karena proses pemilihan yang digelar pada Kamis 18 November 2021 dinilai cacat prosedural.

Gugatan itu dilayangkan oleh empat cakada itu ke Pemkab Bone hingga ke DPRD Kabupaten Bone. Keempat cakades itu adalah Ambo Tuo, Dr. Kamridah Habe, Syarifuddin S.Pd, dan Alimuddin.

Read More
banner 300250

Yang menjadi landasan kuat gugatan tersebut adalah berupa cacat prosedural sebanyak 370 surat suara yang tidak terstempel, juga tidak adanya pembacaan tata tertib Pilkades hingga selesainya perhitungan suara.

Hal tersebut dinilai melanggar Perbup No. 42 Tahun 2021 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa Pasal 100 Ayat 2 menyebutkan bahwa suara dinyatakan tidak sah apabila tidak terdapat tanda tangan Ketua Panitia Pemilihan tingkat Desa dan stempel pada pemilihan tingkat Desa.

Salah satu di antara keempat calon yang menggugat, Dr. Kamridah Habe yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia menilai hal yang dilakukan KPPS Pilkades Desa Hulo tersebut cacat prosedural.

“Sebanyak 370 surat suara tidak terstempel namun tetap menjadi suara sah di TPS, padahal dalam aturan semua jumlah suara dinyatakan batal,” tuturnya.

Proses tindak lanjut gugatannya, telah masuk berupa laporan mulai dari Pemkab Bone, hingga ke DPRD.

“Semua laporan sudah masuk dan diterima di DPRD Kab. Bone,” jawabnya.

Ia dan para penggugat lainnya, berharap gugatannya dapat segera di proses secepatnya agar bisa mendapat kejelasan.

Related posts