Disahkan DPR RI, Sri Mulyani Ungkap Ada 5 Tahap Pengerjaan UU IKN

Gravatar Image
  • Whatsapp

Jakarta, LiraNews – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ada 5 tahapan dalam pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Mungkin tahapan yang paling kritis sesudah UU dibuat adalah tahap pertama yaitu tahun 2022 ini hingga 2024. Kemudian diikuti dengan tahap kedua, ketiga, keempat, dan kelima yaitu dari tahun 2025 hingga 2045 mendatang,” kata Sri Mulyani, Selasa (18/1/2022).

Read More
banner 300250

banner 300250

Sri Mulyani menjelaskan, untuk aspek pendanaan tahap pertama akan dilihat apa yang menjadi trigger awal yang akan menimbulkan momentum untuk pembangunan selanjutnya dan untuk juga menciptakan anchor atau jangkar bagi pembangunan IKN dan pemindahannya.

“Oleh karena itu, sesudah kita bicara nanti akan dibuat rencana induk yang detil yang akan tertuang di dalam Perpres,” jelas Sri Mulyani.

Namun dalam hal ini, lanjut Sri Mulyani, dari pembahasan beberapa kementerian/lembaga terkait nantinya akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

“Yaitu mengenai akses. Jadi jalan menjadi sangat penting. Dan juga bisa juga melalui altenatif pelabuhan, karena bisa melalui teluknya itu,” beber Sri Mulyani.

“Itu 2 hal yang akan menentukan bagaimana akses dan kemudian pembangunan dijalankan,” ucap Sri Mulyani .

Sri Mulyani menyatakan, di dalam pembahasan jg sudah diidentifikasi wilayah dan jg kawasan pemerintahan dan kawasan inti pemerintahan.

“Jadi, di dalam konteks ini tahun 2022-2024 nanti fokusnya adalah bagaimana desain dari pelaksanaan yang paling priority sehingga momentum itu berjalan,” tuntas Sri Mulyani. LN-RON

Related posts