Dpd Lira Bangkalan Menyengketakan Kpud Dan Bkpsda Bangkalan

  • Whatsapp
banner 468x60

LiraNews, Bangkalan – DPD Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Bangkalan mengajukan sengketa atas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Bangkalan ke Komisi Informasi (KI) Bangkalan,

Pengajuan sengketa tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya DPD LIRA Bangkalan sudah melakukan semua mekanisme permohonan informasi publik terhadap dua lembaga pemerintah tersebut sesuai Undang-undang yang berlaku.

DPD Lira Bangkalan mengajukan permintaan informasi publik pada tanggal 15 Mei 2019, karena permohonannya tidak kunjung dikabulkan maka kemarin, Rabu (27/06/19) melakukan sengketa ke KI Bangkalan.

Muhamad Yusuf, sebagai pemohon informasi dari LSM LIRA mengungkapkan kekecewaannya terhadap KPUD dan BKPSDA Bangkalan, permohonan informasinya hanya meminta data kejelasan anggaran sosialisasi pilpres dan pileg 2019 di KPUD Bangkalan serta data Aparatur Sipil Negara (ASN) se kabupaten Bangkalan di BKPSDA.

Menurutnya, data informasi itu merupakan bagian yang perlu diketahui oleh publik sesuai dengan undang-undang komisi informasi publik (KIP). Bahkan, sesuai dengan putusan MA dirinya sudah mengirimkan surat kembali pada tanggal 27 Mei 2019.

Namun lagi-lagi suratnya tidak mendapat jawaban dari lembaga terkait,

“Kami hanya menjalankan perintah UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi, kenapa kenapa tidak diberikan. kami sangat kecewa,” terangnya

Yusup, sapaan akrabnya menuding dua lembaga tersebut bermasalah atas informasi yang diminta dan pihaknya merasa yakin ada yang ditutup-tutupi dari dua lembaga pemerintah tersebut.

Bupati LIRA Bangkalan, Mahmudi Ibnu Khotib mengemukakan hal yang serupa, dirinya sangat menyayangkan dua lembaga yang dibiayai pemerintah tidak dapat menyajikan data yang dibutuhkan masyarakat.

Mahmudi menjelaskan kebutuhan data yang diminta DPD LIRA Kab. Bangkalan, bahwa pihaknya meminta data informasi sebagai dasar sosial kontrol di kota dzikir dan sholawat,

“LIRA sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) akan selalu kritis menyikapi permasalahan di kabupaten Bangkalan,” paparnya. LN-MHS

banner 300x250

Related posts

banner 468x60