DPR RI Usul Galakkan Program Penyemprotan Disinfektan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews– Saat ini, berbagai negara di belahan dunia sedang berjuang melawan serangan wabah virus corona atau Covid-19. Demikian pula dengan Indonesia. Berbagai berita (baik positif maupun negatif) terkait Covid-19 beredar luas di masyarakat.

Di satu sisi, ada yang mengalami kepanikan hingga melakukan aksi borong berbagai kebutuhan, namun di sisi yang lain, ada masyarakat yang masih belum menyadari betapa bahayanya virus yang telah menjadi pandemi ini.

Menanggapi hal tersebut anggota Komisi VI DPR RI Sonny T. Danaparamita menyatakan, sebagai warga negara Indonesia (WNI) kita patut bersyukur negara telah hadir dan bergerak melawan pandemi Covid-19 ini.

“Tenaga medis dan paramedis juga terus berjuang melakukan langkah-langkah medis terhadap para pasiennya. TNI dan Polri juga terus menerus mengingatkan masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini,” kata Sonny, Kamis (26/3/2020).

Menurut Sonny, akhir-akhir ini, sebagian masyarakat juga telah melakukan berbagai langkah nyata dalam upaya pencegahan meluasnya wabah Covid-19.

“Dengan caranya masing-masing, mereka bergerak sesuai segmen ataupun wilayahnya. Salah satunya adalah dengan melakukan desinfektan secara mandiri,” ujarnya.

Politisi PDIP tersebut mengatakan, selain menjaga jarak, menjaga imunitas, dan mencuci tangan dengan sabun, gerakan masyarakat melakukan desinfektan secara mandiri ini adalah salah satu tindakan yang jika dikelola dengan baik akan membawa dampak positif yang lebih maksimal.

“Salah satu pengelolaan itu adalah dengan membuat gerakan desinfektan ini secara tersruktur, sistematis, dan massif. Artinya: gerakan ini harus dikomando oleh pejabat yang berwenang (kepala daerah hingga kepala desa); diselenggarakan secara terkoordinasi (apabila di rumah dilakukan oleh penghuninya masing-masing/tetangga sekitar/petugas yang ditunjuk di tingkat RT. Jika di tempat umum oleh petugas yang ditunjuk); dilaksanakan dengan waktu yang bersamaan, secara berkala, dan berkelanjutan hingga selesainya wabah Covid-19,” imbuhnya.

Sonny meyakini, semangat gotong royong masih ada di sanubari seluruh penduduk negeri ini, dan sudah saatnya tagline “Bersama Melawan Corona” menjadi sebuah aksi yang nyata.

“Dari jutaan petani dan peternak yang ada, hampir sebagian besar memiliki alat penyemprot hama. Jutaan pecinta burung dan hewan kita juga memiliki mini sprayer di rumahnya masing-masing. Ini belum termasuk para pecinta tanaman hingga komunitas drone yang jika Ibu Pertiwi memanggil, mereka semua akan siap beraksi melawan wabah Covid-19 ini,” urainya.

Legislator asal Dapil Jatim 3 tersebut membayangkan, jika puluhan juta pemilik semprotan tersebut bergerak dalam waktu yang sama, maka akan membawa dampak yang luar biasa.

“Singkatnya, saya mengusulkan kepada para gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, walikota/wakil walikota, hingga para lurah dan kepala desa untuk membuat gerakan desinfektan ini menjadi terstruktur, sistematis, dan massif,” tukasnya.

Sonny menyarankan, para kepala daerah, para petani, peternak, pecinta hewan dan tanaman, serta siapapun saja untuk berkoordinasi.

“Bantu bahan desinfektannya, tentukan waktu dan tempat pelaksanaaanya, dan tetap dipantau agar dalam menjalankannya masih memperhatikan jarak aman pencegahan Covid-19.
Jika ini dapat kita lakukan, insyaallah wabah ini dapat segera kita akhiri,” pungkasnya. LN-RON

banner 300x250

Related posts

banner 468x60