DPW LSM LIRA Kalteng Dorong Penerapan Program Digitalisasi Pendididkan di Kalteng

  • Whatsapp
banner 468x60

Palangkaraya. LiraNews – DPW LSM LIRA (lumbung informasi rakyat) Provinsi Kalimantan Tengah dorong penerapan program digitalisasi pendidikan / digitalisasi sekolah di kalteng secara bertahap.

Sekretaris DPW LSM LIRA Kalteng, Supardi menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gubnung Mas terkait rencana untuk memprogramkan digitalisasi sekolah secara bertahap di Gunung Mas mulai tahun 2021.

Read More

banner 300250

Supardi juga memeberikan Support kepada Esra,M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas agar tetap berupaya keras menerapkan program digitalisasi sekolah tersebut, walaupun tantangan untuk itu sangat berat.

“Tantangan dalam menerapkan program digitalisasi sekolah sangat berat, akan tetapi kita yakin beliau ( Esra,M.Pd ) bisa,” ujarnya di Palangkaraya, Sabtu (28/11/2020).

“Memperhatikan pernyataan beliau di Media, beliau faham betul bahwa program digitalisasi sekolah itu adalah merupakan program prioritas Kemendikbud dalam rangka mewujudkan hadirnya generasi emas Indonesia melalui Pendidikan yang berkualitas. Khususnya demi kemajuan Pendidikan di Kalteng, maka kita support rencana beliau,” lanjutnya.

Supardi juga mendorong kepada instansi yang membidangi masalah Pendidikan di sejumlah Kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah untuk juga dapat memprioritaskan penerapan program digitalisasi sekolah di wilayah masing-masing.

Pihaknya mendorong sejumlah instansi yang membidangi Pendidikan di sejumlah kabupaten di Kalteng ini, untuk dapat memprioritaskan penerapan program digitalisasi sekolah ini sebagaimana harapan pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud RI.

“Kami juga mengajak rekan-rekan aktivis baik LSM, Wartawan maupun Ormas lainya untuk dapat bekerjasama bahu membahu dalam mewujudkan terealisasinya digitalisasi Pendidikan / digitalisasi sekolah di Kalimantan Tengah, karena ini sangat penting untuk kemajuan Pendidikan kita, kita mau tidak mau, siap tidak siap, kita harus mau dan siap, sebab ini sudah era industry 4.0,” katanya.

Menurut Sekretaris Wilayah LSM LIRA Kalimantan Tengah tersebut, bahwa hasil kajian LSM LIRA Kalimantan Tengah terhadap penyelenggaraan Pendidikan khususnya tingkat dasar di Kalimantan Tengah masih sangat jauh tertinggal di banding pulau jawa, dimana hal tersebut diantaranya diakibatkan oleh keterbatasan akses, baik akses mobilisasi/transportasi, akses komunikasi dan akses social ( dukungan masyarakat sekitar, termasuk dunia usaha ).

“Khususnya untuk akses sosial, sehingga seolah-olah Pendidikan itu hanya tugas para tenaga pendidik dan pemerintah, tanpa harus didukung oleh dunia social sekitar satuan Pendidikan,”Ini adalah salah satu hambatan besar bagi dunia Pendidikan kita untuk bangkit dan maju, padahal negara kita melalui UU SISDIKNAS mendorong peranserta yang tinggi dari masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan,” kata Supardi di kantornya jalan Sanggabuana 2 Palangkaraya.

Untuk Kalimantan Tengah ini, lanjutnya,
lebih jauh dia berharap agar melalui upaya peningkatan kualitas Pendidikan yang terus menerus, akan mampu melahirkan SDM asli Kalimantan Tengah ini yang semakin berkemampuan, semakin berkesempatan dan memperoleh akses yang semakin kuat untuk mengelola Sumberdaya alam mereka sendiri; sumber daya alam yang mereka hidup dan tinggal didalamnya,yang mereka berharap daripadanya sebagai sumber penghidupan sejak nenek moyang.

“Kita tidak berharap terlalu jauh bahwa putra putri kita akan eksis di tingkat Nasional apalagi Luar Negeri, cukup mereka mampu menjadi “pemain” di bumi tambun bungai ini, baik sebagai tenaga penting di pemerintahan, atau di perusahaan-perusahaan besar, syukur-syukur nantinya mereka mampu mengelola perusahaan sendiri dan mempekerjakan saudara-saudara mereka sendiri saya rasa itu sudah cukup bagi kita, sehingga kita benar-benar memiliki harapan untuk meraih kesejahteraan sebagaimana cita-cita kita Bersama baik dalam bingkai kedaerahan maupun dalam bingkai NKRI,” pungkasnya. LN-SUP

banner 300x250

Related posts

banner 468x60