Dr. Murti Sebut Peluang Menyelamatkan Penderita Stroke Dari Kecacatan Cukup Besar

LiraNews, Purwakarta –Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (Stroke Infark) atau pecahnya pembuluh darah (Stroke Hemoragik).

Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan rusak, bahkan mati. Hal dikatakan Dokter Spesialis Saraf, dr. Murti Astuti SpS pada acara buka puasa di Siloam Hospitals Purwakarta, kemaren.

Stroke, paparnya, menjadi penyebab kecacatan No. 1 di Dunia. Peluang menyelamatkan penderita stroke dari kecacatan cukup besar yaitu dengan cara segera membawa penderita ke rumah sakit, dalam waktu kurang dari 3 jam sejak gejala stroke timbul.

“Dalam Golden Periode 3 Jam, tim medis akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menentukan jenis stroke,” ujarnya.

Untuk kasus Stroke Infrak, jelasnya, Siloam Hospitals Purwakarta akan mengaktifkan Emergency I: dalam waktu 1 jam sejak masuk Emergency, pasien Stroke Infark akan diberikan pengobatan yang paling efektif yaitu Terapi Trombolisis berupa penyuntikan obat melalui pembuluh darah pasien untuk melarutkan sumbatan dalam pembuluh darah otak sehingga melancarkan aliran darah dan mencegah kerusakan jaringan otak lebih luas.

Dengan adanya acara ini diharapkan media sebagai sumber informasi, dapat meneruskan informasi mengenai Gejala Stroke yang harus diwaspadai serta periode emas yang harus di ingat oleh masyarakat sehingga dapat bersama-sama menyelamatkan masyarakat yang mengalami serangan stroke.

Siloam Hospitals Purwakarta mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menyambut Ramadhan dan meningkatkan silaturahmi dengan pasien, pengunjung serta masyarakat pada umumnya termasuk dengan media.

Kegiatan-kegiatan yang diadakan antara lain : pembagian paket kurma bagi pasien rawat inap, pemberian takjil bagi pasien dan pengunjung rawat jalan , pembagian takjil di depan Klinik Spesialis Siloam Purwakarta, Buka Puasa Bersama dan pemberian santunan Anak Yatim, Kunjungan ke Panti Asuhan juga bincang sehat di Klinik Spesialis Siloam maupun di Rumah Sakit. **