Dua Anggota DPRD Fraksi Nasdem Probolinggo Diduga Ikut Cawe-cawe Pilkades

Gravatar Image
  • Whatsapp

Probolinggo, LiraNews – Oknum Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi NasDem diduga ikut cawe-cawe dalam penetapan Calon Kepala Desa di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur pada Rabu (12/1/2022).

Dengan Mengenakan Seragam Safari dan berlencana kebesaran sebagai anggota dewan, dua anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi NasDem mendatangi Panitia Pemilihan Kepala Desa Sumberkedawung.

Read More
banner 300250

banner 300250

Informasi didapat, melalui unggahan vidio pada salah satu akun di media sosial facebook yang diunggah pada 10 November 2021, kedua anggota DPRD Kabupaten Probolinggo tersebut tampak bersama dengan salah satu bakal calon kepala desa setempat.

Terpaut dalam durasi perbincangan antara anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Partai Nasdem dengan Panitia Pemilihan Kepala Desa tersebut menyebutkan skor perihal pembobotan dan persyaratan administrasi kelengkapan milik salah satu bakal calon yang bersamanya kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Sumberkedawung.

Dalam rangka apakah kehadiran mereka ke kantor pemilihan kepala desa di desa Sumberkedawung?

Ironisnya, Ketua Fraksi DPRD Probolinggo dari Partai NasDem, Sugito mengaku tidak mengetahui mengenai kehadiran mereka ke desa Sumberkedawung.

Sementara, Ketua Pemilihan Kepala Desa Sumberkedawung Husni Mubarrok mengatakan, kedatangan dua anggota DPRD Fraksi NasDem tersebut dalam agenda memonitoring kinerja panitia Pilkades.

Menanggapi perihal tersebut Budi Haryanto salah satu aktivis pegiat masyarakat sangat menyayangkan kelakuan dua anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Nasdem tersebut, karena sudah tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kedua anggota DPRD Fraksi NasDem itu diduga telah melanggar kode etik sebagai pejabat yang notabane bukan tugasnya memantau kinerja Panlih Desa tetapi mengawal kebijakan pemerintah daerah. (Katanya)

Lengkapnya, Budi Haryanto mengatakan bahwa dirinya akan melaporkan ke-2 dewan tersebut pada Badan Kehormatan Dewan dan ke Gubernur Jawa Timur, beserta kepada dewan perwakilan wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Pusat Partai NASDEM. (WN)

Related posts