Enam Amalan Sunnah di Idul Adha

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta, LiraNews.com – Idul Adha adalah hari raya yang jatuh tiap 10 Dzulhijjah atau tanggal 10 bulan haji (kalender hijriyah)

Idul Adha juga sering disebut hari raya kurban, karena pada perayaannya disunnahkan bagi umat Islam untuk memotong hewan kurban.

Read More

banner 300250

Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah sholat Idul Adha, atau bisa juga pada tiga hari tasyrik, yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Berikut Amalan Sunnah di Hari Raya Idul Adha seperti dikutip laman Nahdlatul Ulama:

1. Membaca Takbir

Membaca takbir dimulai sejak malam hari raya Idul Adha, yakni sejak tenggelamnya matahari hingga sebelum imam salat Ied naik ke mimbar untuk memulai kutbah salat Ied.

Umat Islam juga disunahkan untuk mengumandangkan takbir setelah sholat Idul Adha hingga saat waktu ashar pada tanggal 13 Dzulhijjah alias hari akhir untuk tasyriq.

2. Mandi sebelum sholat Idul Adha

Seperti halnya pada Idul Fitri, sebelum sholat Idul Adha juga disunahkan mandi. Waktu sunah untuk mandi yakni pada dini hari sebelum subuh, dan lebih utama kalau mandi setelah salat subuh pada tanggal 10 Zulhijah.

Sayyidina ‘Ali bin Abu Thalib serta Abdullah bin Umar diceritakan sudah membiasakan diri untuk mandi sebelum melakukan Shalat Id. Bahkan, kesunahan mandinya sama dengan ketika mandi sebelum shalat Jumat.

3. Potong rambu, kuku, dan memakai wewangian

Membersihkan badan, memot9mgbrambut, kuku, dan memakai parfum atau wangi-wangian akan mendapat keutamaan pada hari raya Idul Adha.

4. Memakai pakaian yang paling baik

Sangat disunnahkan saat Idul Adha memakai pakaian terbaik, bersih sekaligus suci.

5. Berjalan kaki ke masjid atau tempat sholat Idul Adha

Saat berangkat ke masjid atau tempat untuk melaksanakan sholat Idul Adha, sebaiknya dilakukan dengan cara berjalan kaki. Sedangkan bagi orang yang tidak mampu atau sudah berusia lanjut, bisa menggunakan kendaraan untuk menuju ke tempat sholat Idul Adha.

6. Makan setelah sholat Idul Adha 

Ada perbedaan antara Idul Fitri dan Idul Adha. Pada saat hari raya Idul Fitri, disunahkan untuk makan sebelum menyelenggarakan salat Ied. Sementara ketika hari raya Idul Adha, kesunahannya adalah makan setelah selesai melaksanakan shalat Ied.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60