Enam Dokter Gugur Lawan Covid-19, LSM LIRA Beri Penghargaan Pahlawan Bela Negara

  • Whatsapp
Presiden LSM LIRA HM. Jusuf Rizal
banner 468x60

Jakarta, LiraNews – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) mendorong agar Presiden Jokowi memberikan penghargaan sebagai pahlawan nasional terhadap enam dokter yang wafat saat melawan pandemi Covid-19 atau wabah Virus Corona.

Selain itu, LSM LIRA secara khusus akan memberikan penghargaan berupa Pahlawan Bela Negara kepada enam dokter yang wafat karena berjuang menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman Virus Corona.

Read More

banner 300250

Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal, melalui Wapres LIRA, Irham Maulidi mengatakan, enam dokter yang meninggal dunia saat berjuang melawan wabah Virus Corona memang sangat layak diberikan gelar pahlawan bidang kesehatan.

“Kami dari LSM LIRA mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar enam dokter itu diberikan gelar dokter pahlawan nasional bidang kesehatan,” ujar Irham meneruskan pesan Jusuf Rizal di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Irham menegaskan, LSM LIRA juga berinisiatif memberikan penghargaan sebagai dokter bela negara, karena perjuangan mereka sangat besar. Jika tak ada dokter yang berjuang, maka efek wabah Virus Corona akan sangat dahsyat, bahkan melumpuhkan banyak sektor di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Penghargaan dari LIRA itu, jelas Irham, akan diserahkan kepada keluarga para dokter yang gugur, sebagai bentuk apresiasi yang layak diterima setiap pahlawan bela negara.

“LSM LIRA sudah menyiapkan penghargaannya, dan ini sangat penting sebagai pembelajaran bagi setiap anak bangsa. Para dokter yang gugur itu adalah simbol bela negara,” jelas Irham.

Dengan adanya penghargaan dari LSM LIRA, lanjut Irham, diharap perjuangan para dokter dan perawat medis melawan Covid-19 bisa memberikan inspirasi kepada anak bangsa dan para generasi muda, bahwa setiap warga negara memiliki kewajiban untuk bela negara.

“Kami dari segenap keluarga besar LSM LIRA juga mendoakan semoga almarhum diberikan tempat yang layak di sisi tuhan yang maha kuasa,” tuntas Irham, meneruskan pesan Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal.

Sebelumnya, Jubir Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ada enam dokter Indonesia yang gugur terkait penanganan wabah virus Corona.

Masing-masing lima dokter yang diduga meninggal akibat terjangkit Covid-19, yakni dokter Hadio Ali SpS, dokter Djoko Judodjoko SpB, dokter Laurentius P SpKj, dokter Adi Mirsa Putra Sp THT, dan dokter Ucok Martin SpP.

Adapun satu domter lainnya, yakni Toni D Silitonga yang menjabat sebagai Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Bandung Barat meninggal akibat kelelahan serta serangan jantung setelah mempersiapkan fasilitas kesehatan agar sigap dari ancaman virus corona dan edukasi masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60