Fachrul Razi: Daerah Mendesak RUU Daerah Kepulauan Segera Disahkan

Muna Barat, LiraNews – Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi kembali melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di Kabupaten Muna Barat.

Dalam kunjungan ke Provinsi Sultra dari tanggal 18 sampai 21 November, diketahui aspirasi mengenai RUU Daerah Kepulauan kembali menguat. Daerah Mendesak RUU Daerah Kepulauan Segera di Sahkan.

Read More
banner 300250

“Kami mendapatkan masukan dari Bupati Muna Barat, Bupati Muna dan Baubau, beserta unsur Forkopinda wilayah setempat, mereka sependapat terkait Aspirasi mengenai RUU Kepulauan,” ujar Fachrul Razi, Minggu (21/11/2021).

Alumni FISIP Universitas Indonesia (UI) tersebut mengatakan, Indonesia sangat luas dikenal sebagai salah satu kekuatan maritim dunia maka sudah sepatutnya RUU Kepulauan diperjuangkan, nantinya juga bertujuan agar mempercepat pembangunan daerah tertinggal atau yang sedang membangun.

“Desentralisasi pengelolaan laut dan pesisir harus diberikan kepada provinsi kepulauan karena karakteristik wilayah, sumberdaya laut dan rentang kendali pembangunan yang berbeda dengan wilayah berbasis kontinental,” jelas senator asal Aceh tersebut.

“Kalau RUU Daerah Kepulauan ini disahkan, maka negara menunjukkan keseriusan hadir di daerah kepulauan. Daerah mendesak agar Presiden RI Joko Widodo, segera mengesahkan RUU Daerah Kepulauan ini,” pungkas Fachrul Razi.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Muna Barat, Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi (Aceh) turut mendampingi Ketua DPD RI, LaNyalla serta senator Andi Muh. Ihsan dan Lily Amelia Salurapa (Sulsel), Djafar Alkatiri (Sulut), Habib Ali Alwi (Banten), Andi Nirwana, Wa Ode Rabia Al Adawiya, dan Amirul Tamim (Sultra), dan Sekjen DPD RI Rahman Hadi.

Hadir juga para tokoh masyarakat dan tokoh adat yang tergabung dalam Lembaga Adat. LN-RON 

Related posts