Fakultas Vokasi Unair Surabaya Tingkatkan Daya Saing UMKM

Pengabdian Masyarakat oleh Universitas Airlangga Fakultas Vokasi
Pengabdian Masyarakat oleh Universitas Airlangga Fakultas Vokasi

Gresik, Liranews – Tidak jarang pelaku UMKM menghadapi kendala dalam berkembang dan mendapatkan akses permodalan. Diperlukan aksi konkret yang dapat mendukung ketercapaian keuangan inklusif dan berkelanjutan bagi UMKM di Kabupaten Gresik khususnya melalui pengelolaan keuangan dan digitalisasi laporan keuangan.

Dalam upaya untuk menjawab tantangan tersebut, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga bekerja sama dengan Komunitas Pelopor Usaha Gresik (KPUG), telah menggelar pelatihan dan pendampingan yang dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat bertemakan “Strategi Pengelolaan Keuangan dan Digitalisasi Laporan Keuangan Untuk Mewujudkan Keuangan Inklusif dan Berkelanjutan”.

Read More
banner 300250

Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung pada tanggal 29 Juni 2024, di La Bamboe Kabupaten Gresik.

Para pelaku usaha sangat antusias untuk turut serta dalam program pengabdian masyarakat ini, hal tersebut nampak dari banyaknya peserta yang hadir dan mengikuti pendampingan hingga acara selesai.

Kegiatan ini merupakan wujud perhatian dan langkah strategis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga untuk mendorong terwujudnya keuangan inklusif dan berkelanjutan bagi UMKM di Kabupaten Gresik dan sebagai bentuk komitmen Universitas Airlangga untuk membantu memecahkan permasalahan perekonomian Indonesia.

Pengabdian Masyarakat ini juga tentunya mendukung pemerintah dalam mewujudkan SDGsNo 8 (Decent work and economic growth) dan 9 (Industry, Innovation and Infrastructure) yang terkait dengan usaha mikro kecil menengah.

Penerapan strategi pengelolaan keuangan dan digitalisasi laporan keuangan pada UMKM di Kabupaten Gresik dilakukan dengan pemberian pelatihan tentang perencanaan keuangan, pencatatan keuangan, pelaporan keuangan hingga pengendalian keuangan.

Tak hanya itu, setelah para peserta pendapatkan materi, mereka didampingi oleh tim pengabdian Masyarakat Unair untuk menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi SIAPIK yang merupakan aplikasi pelaporan keuangan UMKM yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Pemateri utama sekaligus Ketua Pengabdian kepada Masyarakat (Ibu Wahyu Firmandani., S.A., M.Ak., CPMA., CAPF) yang merupakan Dosen Prodi D3 Akuntansi memberikan panduan dalam pencatatan dan pelaporan keuangan UMKM.

“Tanpa pencatatan yang tertib dan pelaporan yang baik, UMKM akan mengalami kesulitan dalam mengevaluasi kinerja usahanya, sehingga untuk mencapai keuangan inklusif dan berkelanjutan, UMKM harus memiliki pencatatan dan pelaporan yang memadai”, Ujar Wahyu Firmandani.

Pemateri lainnya, Ibu Izmi Dwira Eriani S.A., M.A., CAPF (Dosen D3 Akuntansi), juga menekankan bahwa pentingnya melakukan pengelolaan keuangan yang baik melalui perencanaan keuangan dan pengendalian keuangan yang terstruktur dan terukur agar yang ditargetkan UMKM dapat tercapai.

Setelah mendapatkan pelatihan, para peserta didampingi oleh dosen dan dan mahasiswa dari Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menyusun laporan keuangan menggunakan aplikasi SIAPIK berbasis mobile.

Peserta diminta untuk menginstall aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store dan App Store, selanjutnya peserta didampingi untuk menginput data awal masing-masing usahanya sebelum dipergunakan untuk menginput transaksi.

Dalam melaksanakan pendampingan, para pemateri dibantu oleh tim dosen dan mahasiswa yang turut hadir yakni Ibu Elsha Sophia, S.EI., M.SEI. (Dosen Prodi D4 Perbankan dan Keuangan), Galuh Ayu Larasati (Prodi D3 Akuntansi), Kansa Imeliana Putri (Prodi D3 Akuntansi), dan Alif Iqbal Sulthani (Prodi D3 Akuntansi).

Pentingnya pengelolaan keuangan dan digitalisasi laporan keuangan bagi UMKM sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi agar membermudah akses UMKM ke permodalan dan pasar yang lebih luas. Pengelolaan keuangan yang tepat, akan membawa kinerja keuangan UMKM semakin bertumbuh dan sehat. UMKM diharapkan dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Sedangkan digitalisasi laporan keuangan adalah langkah strategis untuk dapat meningkatkan relevansi dan realibilitas informasi keuangan dalam rangka pengambilan Keputusan yang tepat. Kemudahan yang ditawarkan dengan memanfaatkan platform digital, khususnya aplikasi SIAPIK mobile untuk menyusun laporan keuangan, akan mengefektifkan akses terhadap informasi keuangan yang lebih mudah, simple dan terhubung.

Para pelaku usaha sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka menjadi lebih siap dalam mengakses permodalan, menapaki pasar Global, dan tentunya mampu menerapkan strategi pengelolaan keuangan dan digitalisasi laporan keuangan yang efektif untuk mencapai keuangan inklusif dan berkelanjutan. Mereka juga berharap bahwa program semacam ini akan terus berkelanjutan dan dapat terus bersinergi dengan Universitas Airlangga.

Program pengabdian masyarakat ini telah memberikan dukungan besar bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Gresik untuk mempersiapkan diri dan berstrategi guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *