Gedung Ponek Buol Perkuat Fasilitas Kesehatan Ibu dan Anak di Sulawesi Tengah

Buol, LiraNews – Bupati Buol Amirudin Rauf meresmikan gedung Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (Ponek) dirangkaikan dengan buka puasa bersama pada Sabtu (16/04/2022).

Gedung Ponek ini diperuntukkan bagi pelayanan ibu melahirkan, guna menekan angka kematian ibu dan bayi melahirkan di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

Read More
banner 300250

“RSUD Mokoyurly Buol berupaya lebih baik lagi, untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit ini dengan diresmikannya gedung Ponek dan Insya Allah kedepannya akan lebih baik lagi,” jelas Direktur UPT. Rumah Sakit Mokoyury Kabupaten Buol dr Arianto Panambang.

Gedung Ponek ini adalah yang pertama di Sulawesi Tengah dan pembangunannya di UPT Rumah Sakit Mokoyurly Buol.

dr. Arianto mejelaskan, pembangunan gedung Ponek dimulai sejak tahun 2021 dengan anggaran lebih dari Rp14 miliar yang dikerjakan oleh PT.Tinombala Jaya. Anggaran pembangunan bersember dari Dana Alokasi Khusus(DAK). Adapun luasan bangunan 40X80 meter persegi.

Gedung Ponek tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan dengan total anggaran sebesar Rp24 miliar lebih sehingga total anggaran gedung dan fasilitas berkisar Rp38 miliar lebih.

Peresmian gedung Ponek dilakukan dengan penanda tanganan prasasti serta pemotongan pita, dilanjutkan dengan pengecekan setiap sudut ruangan.

Bupati Buol Amirudin Rauf mengatakan pelayanan Ponek ini dapat mengatasi keterlambatan penanganan, keterlambatan akses, dan keterlambatan pelayanan kesehatan terkait dengan kejadian kegawatdaruratan ibu dan bayi.

“Dengan inovasi ini nanti bisa mengurai antrean, mempercepat pelayanan tepat waktu dan tepat layanan. Masyarakat semoga semakin nyaman baik pelayanan anak, bayi baru lahir dan ibu,” kata Amirudin.

Ia menambahkan bersamaan dengan itu, Pemkab Buol mendapatkan bantuan berupa 1 Unit kendaraan operasional PCR senilai Rp3,5 miliar yang diserahkan oleh pemerintah provinsi.

“Semoga RSUD bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi dengan pasilitas yang ada dan tenaga medis yang cukup saat ini.”

Hal ini ditunjukkan dengan peresmian ruangan Ponek dan ruang rawat inap kelas I dan juga terus melakukan pembenahan baik secara fisik maupun tenaga medis guna memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat buol sulawesi tengah dan sekitarnya.

Ia menyampaikan sejumlah dokter RSUD saat ini tengah melaksanakan pendidikan spesialis guna melengkapi formasi dokter spesialis, sehingga nantinya di RSUD memiliki dokter spesialis yang lebih banyak. Memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Sesudah itu Bupati beserta rombongan melaksanakan buka bersama.

Hadir dalam peresmian gedung Ponek, para Kepala Dinas Lilingkup Pemkab Buol, Para Camat Dan Lura, toko Masyarakat se Kabupaten Buol.

Related posts