Gempabumi Tektonik M 4.7 Mengguncang Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Tidak Berpotensi Tsunami

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:

LiraNews.Com

Bagikan:

LiraNews, Mamasa — Hari Minggu, 09 Juni 2019, pukul 22:27:16 WITA, wilayah Kab. Mamasa, Sulawesi Barat diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=4.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.98 LS dan 119.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 Km Tenggara Kec. Pana Kab. Mamasa, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat epicenter,” ujar Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si.

Berdasarkan laporan masyarakat, jelasnya, gempabumi ini Dirasakan di Mamasa III-IV MMI, Bittuang III MMI, Rantepao dan Makale III MMI serta Majene III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuhnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” pungkasnya. **

Bagikan:
Komentari Melalui Facebook
Tue Jun 11 , 2019
LiraNews.Com