Gubernur Akpol Brigjen Agus Salim Jelaskan kabar 5 Taruna Positif Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

Semarang, LiraNews – Gubernur Akademi Polisi (Akpol) Brigjen Agus Salim memberikan penjelasan tentang lima taruna Akpol yang dikabarkan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Agus Salim menjelaskan, para taruna Akpol tersebut sedang dalam masa cuti sejak 18 Juli 2020 lalu. Mereka bukan terjangkit saat berada di lingkungan akademi, melainkan di Yogyakarta.

Sebelum diizinkan cuti, pada 10 Juli 2020, sebanyak 804 taruna dari tingkat II, III dan IV telah menjalani tes swab. Kemudian, pada 14 Juli 2020 berdasarkan hasil tes yang dilakukan Pusdokkes RS Bhayangkara Polri TK I Said Sukanto Jakarta, seluruh taruna dinyatakan negatif Covid-19.

“Jadi tanggal 18 Juli, mereka keluar sudah membawa hasil swab masing-masing, karena kita melakukan swab secara menyeluruh. Jadi taruna kita keluar dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Sebelum kembali, dia mengatakan para taruna tersebut harus melakukan uji usap lagi sebagai salah satu syarat.

Dia menilai kurang tepat jika para taruna ini tertular saat masih berada di kawasan akpol karena sebelumnya telah menjalani tes usap sebelum keluar untuk cuti.

Kepolisian melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda DIY, sudah melakukan penelusuran untuk mengetahui riwayat kontak para taruna itu.

Namun, lanjut Agus, kelima taruna tersebut menjalani tes swab lagi di Yogyakarta pada 25 Juli 2020. Hasilnya, mereka semua terkonfirmasi positif Covid-19.

Agus Salim memastikan tidak ada riwayat penularan Covid-19 dari dalam lingkungan sekolah pencetak perwira polisi tersebut. Sebelumnya, hasil tes swab lima taruna Akpol Semarang dinyatakan positif Covid-19.

“Hasil positif tes usap itu betul, tapi asal muasal terpapar belum bisa dipastikan,” katanya.

Belum diketahui secara pasti asal penularan dari kelima taruna tersebut.

“Memang kalau hasil swab di Yogya betul positif. Tetapi asal-muasal terpapar dari mana belum bisa kita pastikan,” ujar Agus.

Agus mengatakan, bagi siswa yang cuti dan akan kembali ke Akpol sebelum 2 Agustus 2020 diwajibkan mengantongi surat keterangan sehat dan negatif Covid-19.

Jadi, masuk Akpol nanti dalam keadaan negatif semua. Ternyata tadi pagi ada berita mereka positif, terpaksa diisolasi di tempat,” kata Agus.

Agus mengatakan, pihaknya melalui jajaran Bid Dokkes Polda se-Indonesia mulai melakukan tracing terhadap riwayat kontak dan perjalanan kelima taruna yang positif tersebut.

Agus mengimbau pada seluruh tarunanya untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Agus juga meminta pada taruna untuk tidak mendatangi tempat keramaian.

“Kita ingatkan, patuhi protokol kesehatan, pakai masker, membawa hand sanitizer, tiap 2 jam cuci tangan. Terus, jangan ke tempat banyak orang, biasa kan taruna nampangnya ke mal-mal itu kita larang. Ya tahan diri lah,” kata dia.

Agus menambahkan, selama masa cuti, setiap harinya dilakukan sterilisasi di lingkungan Akpol. Bahkan, lingkungan Akpol yang biasanya dibuka untuk masyarakat yang ingin berolahraga, kini dibatasi. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60