Gubernur Sumut Sebut Kadis Koperasi dan UMKM Goblok, Guspardi Gaus: Tak Elok

Jakarta, LiraNews – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi marah dan menyebut Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UMKM Sumut Suherman dengan sebutan goblok dalam sebuah acara resmi Pemerintahan Provinsi Sumut.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menilai perkataan dengan mengeluarkan kalimat yang kurang elok seharusnya dihindari.

Read More
banner 300250

“Ya tentu saya merasa prihatin terhadap lontaran perkataan yang tidak seharusnya disampaikan oleh seorang kepala daerah kepada bawahannya. Seorang kepala daerah memanggil saja, memberi tahu saja pasti bawahan takut kepada kepala daerah yang bersangkutan. Jadi tidak perlu marah-marah, apalagi dengan menyampaikan kalimat ‘goblok’ dan lain sebagainya,” kata Guspardi kepada para wartawan, Jumat (17/3/2023).

Guspardi mengimbau, seharusnya kalimat yang seperti itu mesti dihindari.

“Bagaimana membina, mendidik, menegur bawahan itu, kan bisa disampaikan dengan menggunakan bahasa atau kalimat yang humanis. Sebagai kepala daerah seyogyanya menegur dalam rangka megingatkan dan mengkoreksi bawahan mesti disampaikan dengan bahasa yang tidak menimbulkan sesuatu yang tidak enak bagi bawahannya,” ujar Politisi PAN ini.

Guspardi mengatakan, sebagai atasan, Edy Rahmayadi boleh saja kecewa dengan kinerja bawahannya. Apalagi ketika yang dikerjakan bawahan dinilai belum sesuai ekspektasi, memang harus diingatkan.

“Itu saya sangat setuju. Hanya saja, tidak seharusnya memarahi kadisnya di depan umum, kalaupun mau memperingati dan memarahi sebaiknya yang bersangkutan dipanggil secara khusus dan dibicarakan empat mata. Karena menurutnya, tidak ada orang yang senang bila dimarahi di depan umum (publik),” tegas Guspardi.

Namun demikian, Guspardi berharap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut bisa memaknai dan menyikapi teguran yang disampaikan oleh Gubernur Edy dari sisi positifnya sehingga bisa dijadikan sebagai koreksi yang bermanfaat untuk membenahi dan meningkatkan kinerja dinas yang dipimpinnya.

“Hal ini agar UMKM di Sumut dapat melangkah lebih progresif demi kemajuan anggota UMKM dan memberikan konstribusi yang makin signifikan kepada perekominan Provinsi Sumut,” ulas Anggota Baleg DPR RI ini.

Di lain sisi, tutur Guspardi, apa yang dilakukan Gubernur Edy tak boleh ditiru kepala daerah lain.

“Hal ini tentunya bisa menjadi pelajaran dan introspeksi bagi kepala daerah yang lain agar sesuatu yang tidak pas itu bisa menahan dan mengendalikan diri,” tukas Guspardi

Apalagi, tambah legislator asal Dapil Sumbar 2 ini, memberikan teguran dengan kalimat yang kurang elok dan disampaikan di depan umum.

“Bagaimanapun orang pasti akan menilai sikap dan perkataan kepala daerah sebagai pemimpin dari aparatnya dan juga pemimpin masyarakatnya. Kita harapkan kejadian ini tidak terulang lagi,” pungkas Guspardi Gaus.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kesal terhadap Kadis Koperasi dan UMKM Sumut Suherman. Dirinya bahkan menyebut bawahannya itu goblok karena pelaku UMKM di Sumut masih gagap teknologi atau gaptek dalam acara Fast Track Digitalisasi 1.000 UMKM Sumut, Senin (13/3/2023) lalu. LN-RON

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *