Guspardi Ajak Masyarakat Manfaatkan Program PTSL Untuk Sertifikasi Tanah

Jakarta,  LiraNews – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi dan mendukung kegiatan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang melakukan sosialisasi program strategis bidang pertanahan.

Menurut Guspardi, program sosialisasi ini merupakan bentuk aktualisasi visi dan misi Presiden Joko Widodo yang menginginkan sertipikasi tanah dapat berjalan secara saksama, menyeluruh, dan masif untuk masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Read More
banner 300250

Dihadapan seratus peserta sosialiasi yang datang dari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengajak para peserta memahami manfaat dari program PTSL yang di gagas oleh Kementrian ATR/BPN.

“Karena dengan didaftarkannya bidang tanah dapat memberikan kepastian hukum bagi tanah-tanah yang dimiliki masyarakat. Selain itu, sertifikat tanah berguna untuk kenyamanan dan keamanan agar tidak diganggu oleh siapapun,” ujar Guspardi saat memberikan sosialisasi program strategis Kementrian ATR/BPN di Hotel Basko, Padang, Senin (25/4/2022).

Guspardi mengatakan, karena peserta yang hadir dalam sosialisasi ini merupakan tokoh masyarakat, ada yang mantan Walinagari, Kerapatan Adat Nagari, Pemuda, dan Bundo Kandung yang punya peran dan pengaruh di masyarakat, maka diharapkan mereka juga ikut menyampaikan dan mensosialisasikan program PTSL ini kepada masyarakat di sekitarnya.

“Dengan begitu, bagaimana setiap ruang, setiap jengkal tanah, di mana pun dan bagaimanapun kondisinya harus didaftarkan untuk mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti kepemilikan tanah yang sah,” tutur Guspardi.

Apalagi, lanjut Guspardi, program PTSL tidak berbayar alias gratis. Kepada masyarakat yang tanahnya belum terdaftar, agar dari sekarang memasang patok tanda batas tanahnya, agar memudahkan petugas ukur dari Kementerian ATR/BPN melakukan pengukuran dalam rangka program PTSL ini.

“Ketika masyarakat sudah menerima sertifikat tanah dimiliki masyarakat diharapkan nantinya dapat di manfaatkan sebagai salah satu pendamping modal usaha oleh masyarakat, tetapi harus diingat manfaatkan untuk usaha produktif,” tukas Guspardi.

“Mudah-mudahan bisa diproduktivitaskan dalam rangka menyejahterakan, bukan menjadi masalah di kemudian hari,” harap Anggota Baleg DPR RI itu.

Oleh karena itu, tegas legislator asal Dapil Sumbar 2 ini, program PTSL ini mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat luas dan kegiatan sosialisasi ini harus secara gencar dan massif dilakukan oleh jajaran Kementerian ATR/BPN dari pusat sampai ke daerah agar target pendaftaran tanah melalui PTSL dapat tercapai.

“Mudah-mudahan niat baik yang dicanangkan dan diaktualisasikan dalam rangka sertifikasi tanah masyarakat ini berjalan secara mulus. Pada gilirannya diharapkan tidak ada satu pun tanah yang tidak tercatat sehingga mengurangi persoalan yang berkaitan dengan hukum. Kementerian ATR/BPN sebagai mitra dari Komisi II DPR RI akan kita dorong dan dukung untuk mencapai kinerja terbaik dan maksimal, termasuk dari segi anggaran,” pungkas Guspardi Gaus.

Selain Guspardi Gaus sebagai anggota Komisi II DPR RI yang jadi narsumber dalam kegiatan sosialisasi ini, tampil juga narasumber lainya yaitu Indra Gunawan (Kabag Humas dan Hubungan Kelembagaan) Kementrian ATR/BPN kemudian, kemudian Syaiful (Kakanwil BPN Sumbar) serta dimoderatori oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Solok Nurhamida.

Related posts